Home » , » Mudahnya Ternak Lele Yang Menggiurkan

Mudahnya Ternak Lele Yang Menggiurkan

Mudahnya Ternak Lele Yang Menggiurkan

Ikan lele sangat mudah dijual, Pedagang di pasar maupun penjual usaha pecel lele, mereka tidak akan menolak sebuah ikan lele karena banyak yang konsumsi ikan lele. Seperti yang kita lihat banyak sekali penjual pecel lele disekitar kita. Oleh karena itu bagi petani sangat menarik, pasar yang terus berkembang. Tidak hanya itu, pemerintah juga agresif untuk memberikan dukungan melalui kampanye dan penelitian unggul benih lele. Supaya mendapatkan manfaat yang maksimal, budidaya ikan lele tidak bisa dilakukan hanya kegiatan subsisten saja. Sehingga setiap daerah mempunyai budidaya ikan lele. Setiap daerah mempunyai nama ikan lele itu sendiri lohh, berikut dibawah ini:

1. Ikan maut (Gayo, Aceh)
2. Ikan kalang (Padang)
3. Ikan lele atau lindi (Jawa Tengah)
4. Ikan keling (Makasar)
5. Ikan cepi (Bugis)
6. Ikan pintet (Kalimantan Selatan)


Ternyata lele tidak hanya ada di Indonesia saja, tetapi sampai Negara lainnya. Waaah lele saja sampai ke luar negri juga ternyata hehehe mudahnya ternak lele yang menggiurkan. Berikut nama ikan lele disetiap Negara:

1. Dari Amerika disebut Cat Fish
2. Dari Inggris disebut Catfish, Siluroid, Mudfish dan Walking Catfish


Ternyata ikan lele mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita, lele juga dapat hidup di dalam kepadaan tebar tinggi dan rasio terhadap pertumbuhan yang baik.  Ikan lele adalah salah satu macam ikan tawar yang sudah dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia, khususnya di pulau Jawa:

1. Mudah dikendalikan oleh masyarakat.
2. Bisa dilakukan di bidang budidaya sumber daya air yang terbatas meskipun jumlah tebar benih tinggi.
3. Ikan lele memiliki kandungan gizi tertinggi dibandingkan dengan jenis ikan perairan darat lainnya.
4. Pemasaran yang mudah dan modal yang dibutuhkan relatif rendah (tergantung pada ukuran lahan dan biaya pakan).

Mudahnya Ternak Lele Yang Menggiurkan

Meskipun saat ini banyak yang melakukan usaha ternak ikan lele, perlu Anda pahami bahwa sampai dengan saat ini kebutuhan ikan lele di seluruh kota besar di Indonesia, terus meningkat setiap harinya. Tidak perlu khawatir apabila anda yang akan memulai usaha pembesaran ikan lele. Berikut langkah-langkah cara ternak ikan lele dengan metode pemebesaran:

1. Anda harus memilih parameter kualitas air yan baik untuk pemeliharaan ikan lel, berikut penjelasannya:
    a. Suhu air yang ideal untuk pertumbuhan ikan lele berkisar antara 22-32°C. Suhu air akan          mempengaruhi laju pertumbuhan, laju metabolisme ikan dan napsu makan ikan serta kelarutan oksigen dalam air.
    b. Oksigen terlarut di dalam air harus > 1 mg/l.pH air yang ideal berkisar antara 6-9.
    c. pH air yang ideal berkisar antara 6-9.


2. Menebarkan kapur ke dalam kolam yang bertujuan untuk memberantas hama, penyakit dan memperbaiki kualitas tanah. Dosis yang dianjurkan adalah 20-200 gram/m2

3. Dibuat perlindungan bisa dari peralon.

4.  Pemupukan dengan kotoran ternak ayam, berkisar antara 500-700 gram/m2

5. Kolam dibiarkan ± 7 (tujuh) hari, guna memberi kesempatan tumbuhnya makanan alami.

6. Penebaran benih sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari atau pada saat udara tidak panas.

7. Jumlah benih yang ditebar kurang lebih 50 ekor/m2 yang berukuran 5-8 cm.

8.  Selain makanan alami, untuk mempercepat pertumbuhan ikan lele perlu pemberian makanan tambahan berupa pellet. Jumlah makanan yang diberikan sebanyak 2-5% perhari dari berat total ikan.

9. Pakan dapat diberikan 2-3 kali sehari.

10. Sedangkan komposisi makanan buatan dapat dibuat dari campuran dedak halus dengan ikan rucah dengan perbandingan 1:9 atau campuran dedak halus, bekatul, jagung, cincangan bekicot dengan perbandingan 2:1:1:1 campuran tersebut dibuat bentuk pellet.

11. Setelah 3 bulan pembesaran dapat mencapai berat 200 - 250 gram per ekor dengan panjang 15 - 20 cm


Mudah bukan? Mangkanya sekarang banyak sekali yang ternak ikan lele. Yuuuk, kita buat dompet kita menjadi lebih tebal dengan usaha ternak ikan lele ini. Tidak hanya itu juga loh, ternyata ada juga Tips Membuka Bisnis Makaroni Yang Kekinian dan bahkan organik tidak kalah menguntungkan, banyak yang bisa menghasilkan puluhan juta perbulan dari bisnis rumahan ini. Berikut ulasannya di Peluang Usaha makanan Organik, Bisnis Rumahan Hasil puluhan jutaan.

 Terima kasih telah membaca artikel saya, semoga dapat memberikan inspirasi untuk anda.






Terima kasih telah membaca artikel saya, semoga dapat memberikan inspirasi untuk anda.

1 komentar:

  1. Terimakasih artikel bisnisnya sangat inspiratif dan bermanfaat. Salam kenal Saya distributor Produk Melilea, suka sekali artikel tentang bisnis, dan peluang bisnis, ataupun Peluang Usaha

    BalasHapus