Home » » Peluang Usaha Pertanian Modern Yang Menjanjikan

Peluang Usaha Pertanian Modern Yang Menjanjikan




Peluang Usaha Pertanian – Peluang usaha akan terus menerus ada di zaman modern ini apa lagi dengan berkembangnya teknologi yang canggih, kita dapat dengan mudah untuk menemukan inspirasi peluang usaha yang akan kita kerjakan melalui bantuan mbah google tentunya. Yang akan saya bahas kali ini adalah Peluang usaha di bidang pertanian.

Seiring berjalannya waktu dan makin canggihnya teknologi pertanian, kadang kala membuat kita lalai akan adanya prospek yang luar biasa menganai bisnis pertanian. yang kebanyakan orang pikirkan yaitu hanyalah memakai dan memakai fasilitas saja, jarang untuk memanfaatkan teknoogi ini sebagai sebuah peluang bisnis pertanian yang sangat luar biasa prospek keuntungannya.




Kita ketahui semua, bahwa dari sekian hasil pertanian adalah kebutuhan primer yang sangat wajib untuk di konsumsi oleh masyarakat. Keadaan ini yang sebenarnya harus di manfaatkan oleh orang yang mampu dan mau mengelola pertanian secara profesional.

Sebagai negara agraris, potensi bisnis pertanian masih tebuka lebar untuk masyarakat indonesia bagi mereka yang mempunyai ide kreatif.

Memulai sebuah usaha pertanian juga banyak pilihan mulai dari yang modal kecil, sedang hingga besar, semua tergantung pada modal anda. 
Yang dulunya kalo mau usaha pertanian harus di desa sekarang pun di kota juga bisa untuk memulai usaha pertanian. dengan adanya teknologi semua menjadi mungkin. dan dapat di lakukan dengan mudah jika kita mau menjalani prosesnya.

Sebagian besar masyarakat sudah mengetahui banyak sekali pengusaha pertanian yang bisa sukses dalam menjalani bisnisnya, dan ini adalah peluang usaha pertanian yang dapat anda jalankan juga dengan menggunakan kreatifitas yang anda miliki

Peluang Usaha Pertanian Modern Yang Menjanjikan

  • Menaman sayuran organik

Banyak sekali wacanya mengenai bisnis pertanian yaitu menaman sayuran dan buah secara hidroponik atau yang bisa kita sebut organik. Memang betul, masyarakat yang sekarang semakin pintar dan modern akan lebih memilih untuk hidup sehat dengan cara mengkonsumsi sayuran yang sedikit atau bahkan tidak terkandung bahan perstisida di dalamnya.

Dengan kata lain memilih sayuran dan buah buahan yang di tanam secara hidroponik. Dengan kondisi ini kita sebagai pelaku bisnis seharusnya bisa melihat pasar yang sangat jelas. Untuk pemasaran jenis usaha ini bisa berbagai macam, mulai dari kalangan bawah, menengah sampai yang tertinggi.


Kita mau mendapatkan untung yang bagaimana itu adalah pilihan. Karena usaha sayuran dan buah organik sangat di butuhkan dari mulai yang ingin hidup sehat sampai perusahaan pangan seperti careffore, hipermart, dan sebagainya.

Kelamahan dari usaha ini adalah, Anda harus terlatih dalam mengelolanya. dan biaya yang di butuhkan di awal akan lebih tinggi. tetapi ya itu tadi, pasar anda luas, jadi anda bebas memilih keuntungan yang seperti apa.
  • Menjual alat dan mesin pertanian

Usaha ini pasti memerlukan modal yang sangat besar ? salah !
Anda bisa menjalankan usaha ini dengan bermodalkan sebuah alat komunikasi dan alat pembayaran, biasanya visa.
Di indonesia sebenarnya adalah prospek yang sangat luar biasa untuk menjual alat pertanian, karena kebutuhan bahan pokok yang kian meningkat, tapi malah banyak petani yang pindah profesi menjadi pegawai atau mencari usaha lain.

Opini saya, mungkin karena mereka belum tau prospek apa yang akan mereka dapatkan ketika fokus dan mau mengusahakan bisnis pertanian. Kondisi ini yang akan menjadi peluang untuk anda jika ingin berbisnis alat pertanian.

lalu caranya gimana kalo mau bisnis alat pertanian tapi tidak ada modal ?
Jadilah reseller produk pertanian. Jadi gini, buatlah data terlebih dahulu mengnai alat pertanian yang ingin anda jual, lalu carilah toko offline maupun online yang menjual alat pertanian. Ajak mereka bekerja sama, bahasa kerennya anda menawarkan diri sebagai marketing lepas. Setelah menemukan toko yang menyediakan alat pertanian yang anda inginkan, buatlah gambar, atau foto yang sekiranya sama dengan produk yang anda jual.

Kalau anda mau cepat mendapat pembeli, anda harus mau jual secara offline dengan metode metode kreatif anda. contoh toko online yang lengkap dan bisa di percaya adalah alibaba.com cari produk nya di situ, dan jual.

Masalahnya kan banyak petani indonesia yang belum mampu membeli alat semahal itu
Mungkin sekarang iya, tapi di masa yang akan datang, petani maupun pemerintah Indonesia memerlukan alat pertanian yang canggih untuk bisa memenuhi kebutuhan bahan pangan yang sangat banyak.
  • Menjual bibit

Bisnis ini sepertinya sudah sangat sulit di jalankan untuk pemula, tapi anda tidak usaha kwawatir, dengan anda menjadi ahli dalam metode pembibitan anda akan mampu bersaing di perusahaan-perusahaan besar lainnya, dengan cara, tetap tekun dan fokus serta usaha yang keras dalam menjalani uasaha ini. entah itu petani kecil, sedang dan perusahaan pertanian pun memerlukan bibit untuk lahan pertanian mereka. Prospek anda sangat luas.

Buatlah bibit yang berkualitas baik dan gunakan cara pemasaran yang ekstrim agar produk anda dapat dengan cepat terkenal di pasaran.
  • Menjual pupuk

Jenis usaha ini akan laku keras jika di daerah anda atau pasar anda adalah perkebunan. Yang namanya perkebunan, tidak mungkin kalo hanya membeli pupuk 1kg saja, mungin bisa jadi 1 ton itu paling sedikit.
Tapi jika anda berada di pemukiman perkotaan tidak ada salahnya juga menjual pupuk tanaman hias, dan jangan salah, walaupun yang mebeli hanya 1,2,3,4,5 kg saja tapi harganya mahal. Selain menjual pupuk, anda juga bisa menyisipkan pelengkapan pertanian seperti alat semprotnya, alat penyiram dan sebagainya. Baca juga bisnis ternak kambing.

Bisnis pupuk adalah bisnis yang menguntungkan, apalagi jika anda mampu membuat produknya sendiri, bisa di katakan perusahaan pupuk. Selain membuka lapangan pekerja buat orang lain, saya yakin bisnis ini akan bertahan lama jika anda kreatif dan mampu membaca peluang pasar yang tertarget. Karena para petani indonesia akan terus menggunakan pupuk sebagai vitamin tanaman mereka.
  • Budidaya tanaman hias

Beberapa tahun terakhir ini, tanaman hias mengalami penurunan harga jual. Lalu kenapa saya memasukkan bisnis ini kedalam peluang usaha yang menjanjikan ? alasannya simple. Opini saya, di masa yang akan datang orang orang pintar akan membutuhkan tanaman hias sebagai pelengkap hunian mereka, dan proses membuat tanaman hias bisa di sambi dengan kerjaan lain. Jika anda hanya membuat tanaman hias 10 – 20 mungkin gak terasa hasilnya, tapi jika anda mampu membut 1000 lebih tanaman hias maka akan terasa hasilnya di masa yang akan datang.

Memang susah proses pembuatannya, tetapi dalam menggarap tanaman hias tidak memerlukan banyak waktu, walupun membutuhkan waktu yang sangat panjang, mudeng maksudnya kan
Jadi gini dalam 1 hari kita tidak full time akan menggarap tanaman hias itu, dan di waktu luang kita bisa melakukan bisnis lain tanpa mengganggu proses pertumbuhan tanaman hias. Karena membuat tanaman hias membutuhkan waktu yang sangat lama, agar tidak boring, jadi slow aja dalam mengurusnya, tapi tetap harus teliti, agar hasil tanaman hias berkualitas.
  • Mengelola 1 produk pangan

Disni saya menyarankan anda, bagi yang baru mau memulai usaha pertanian mengenai bisnis tentang pangan, entah itu sayuran, rempah rempah, makanan pokok dan lain lain, usahakan untuk fokus 1 produk dulu saja. misal yang di butukan di Indonesia adalah kedelai, Kerjakan bisnis itu dengan fokus sampai anda mempunyai brand, sehingga lambat laun anda tidak perlu mencari pasar lagi, tetapi pasar yang akan mencari anda. Bisnis ini memang membutuhkan waktu yang lumayan panjang karena membangun sebuah nama tidak semudah mebalikkan telapak tangan. Baca juga usaha modal kecil
  • Penanaman rempah rempah

Rempah rempah masih menjadi peluang usaha yang sangat bagus untuk kalian. Karena rempah rempah dari inidonesia sangat banyak di minati oleh negara lain. Jadi peluang untuk mendapatkan pembeli sangat besar.

Banyak sekali jenis rempah rempah yang dapat anda jadikan sebagai bisnis, yang sangat tampak adalah bawang merah. Bisnis rempah rempah juga akan dijadikan sebuah usaha yang sangat menguntungkan bagi si pengelola bisnis karena semua kalangan bisa masuk mulai dari kalangan kecil, menengah sampai kalangan atas seperti restaurant mahal.
  • Menyediakan jasa perantara ekspor bahan pertanian

Belum banyak orang yang mampu menjadi jasa perantara eksportir bahan pertanian. Ini adalah peluang anda untuk memasuki bisnis ini, yang anda butuhkan adalah skil komunikasi dan jiwa pemimpin yang baik. Dalam hal ini anda bisa mulai belajar perantara ekspor dan impor di importir.org
  • Membuat tim penyuluh untuk para petani

Sepertinya saat ini masih sedikit dan bahakn belum tampak adanya perusahaan yang berjalan di bidang penyuluhan pertanian, entah itu dari pemerintah maupun masyarakat, mungkin ada tapi tidak jalan. Baca juga peluang usaha ternak lele.

Jika anda mampu membuat tim penyuluh pertanian, ini adalah sebuah keuntungan besar bagi anda, pasalnya di negeri tercinta kita Indonesia ini membutuhkan banyak orang yang dapat memerikan penyuluhan kepada petani kita agar menghasilkan produk kengan kualitas dan kuantitas yang baik.
Selain anda di bayar sebagi tim penyuluh, anda juga bisa memasukkan barang dagangan anda mulai dari poin nomor 1 sampai nomor 8 di atas. Jadi keuntungannya doble. Untuk para sarjana pertanian, jangan hanya mau bekertja di departemen atau perusahaan sahaja, seharusnya ilmu yang di dapatkan bisa di jadikan ide peluang usaha sebagai tim penyuluh yang profesional.

Dan untuk yang tidak sekolah dan ingin menggeluti bisnis ini, anda hanya perlu pengalaman dan komunikasi yang lancar.
Itu saja wacana mengenai peluang usaha pertanian modern yang menjanjikan. Semog bermafaat. Salam sukses pertanian Indonesia
Baca Juga Artikel Ini:
  • 2 Usaha Di Pinggir Jalan Yang terbukti Menghasilkan Omset Jutaan
  • 4 Peluang Bisnis Online Fleksibel Yang Bisa Anda Kerjakan Di Rumah
  • Laporan Harga Beras Grosir dan Eceran Saat Ini

7 Jenis Usaha Budidaya Tanaman Yang Menguntungkan

Usaha budidaya tanaman yang menguntungkan menjadi pilihan para penggiat agribisnis. Tanaman yang paling diminati pasti akan lebih mudah laku dijual di pasaran. Selain potensi pasar, yang perlu diperhatikan adalah berapa besar modal atau biaya yang dibutuhkan dalam usaha budidaya agar bisa menguntungkan dengan nilai fantastis.

Sukses usaha agribisnis sebenarnya bukan pada wilayah budidaya tanaman yang menguntungkan saja. Tetapi, banyak pilihan usaha yang bisa dijemput seperti; pengadaan bibit, jasa panen, jasa pengelolaan hasil panen, berdagang hasil panen atau buah buahan, bahkan jual-beli alat dan bahan produksi seperti pupuk cangkul dan lain lain.

Jika anda ingin mulai, sebaiknya jangan dengarkan hal-hal yang membuat anda mundur. Jangan mundur kawan, sebab sudah banyak referensi yang bisa anda baca sebagai motivasi. Tentunya motivasi dari kisah sukses dari petani yang menggeluti usaha budidaya tanaman yang menguntungkan.

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha budidaya tanaman yang menguntungkan.

tanaman herbal dan manfaatnya

1. Budidaya Tanaman Yakon Yang Menguntungkan

Budidaya tanaman yakon (Smallanthus sonchifolia). Tanaman yang berasal dari Pegunungan Andes, Peru, Amerika Selatan ini dipercaya sangat berkhasiat mengobati penyakit diabetes. Tanaman Yakon digunakan sebagai obat diabetes dengan memanfaatkan daunnya yang kaya dengan insulin. Kandungan fruktosa yakon terdiri atas 35% fruktosa bebas dan 25% fruktosa terikat. Kandungan fruktosa itu yang mencegah penderita diabetes dari hiperglikemia atau kadar gula darah tinggi.
Budidaya tanaman yakon sangat menjanjikan keuntungan.

2. Budidaya Tanaman Semangka Yang Menguntungkan

Salah satu komoditi yang sedang marak dikembangkan dalam agribisnis adalah semangka. Tanaman buah yang sangat berair ini memiliki pasar yang sangat luas apalagi saat musim panas seperti saat ini. Tanaman semangka sangat berkhasiat dalam menyembuhkan rasa panas di badan akibat terpaan suhu udara sekitar kita. Lebih nikmat lagi jika disajikan dalam bentuk jus, sangat adem rasanya.
Telah banyak kisah petani sukses berbisnis buah semangka ini. Kali ini tim redaksi menyajikan hasil penelusuran kami mengenai beberapa petani yang sukses dalam budidaya tanaman semangka.

3. Budidaya Tanaman Lada Yang Menguntungkan

Lada merupakan bumbu dapur yang seringkali digunakan di berbagai masakan dari masakan yang sederhana hingga masakan yang cukup rumit. Tanaman rempah yang satu ini digunakan secara luas oleh banyak orang dan sudah pasti ada banyak permintaan pasar untuk bumbu dapur yang satu ini. Oleh karena itu, budidaya lada menjadi satu hal yang ingin diketahui oleh mereka yang tertarik untuk bisa membudidayakan lada.

4. Budidaya Tanaman Jeruk Nipis Yang Menguntungkan

Memulai Bisnis Jeruk Nipis adalah langkah yang tidak tepat jika anda belum memahami betul bagaimana budidaya tanaman jeruk nipis. Jeruk nipis adalah salah satu buah dengan pasar yang sangat luas. Hampir seluruh makanan berkuah agak kurang lengkap rasanya tanpa air perasan jeruk nipis.

Bisa terbayangkan betapa menguntungkannya jika semua warung makan yang sobat lalui tadi membeli jeruk nipis di tempat usaha anda. Apalagi jika anda adalah pemilik kebun jeruk nipis sekaligus penyalur pemasaran jeruk nipis. Keuntungan anda akan berlipat ganda, yah istilah kerennya adalah monopoli rantai pasar. 

5. Budidaya Tanaman Jahe Yang Menguntungkan

Budidaya Tanaman Jahe Dalam Karung (Bag Culture) dapat diaplikasikan pada berbagai jenis Jahe, Baik itu jahe merah, jahe emprit ataupun jahe gajah. Tetapi Kali ini kita tidak membahas tentang spesifikasi jahe emprit, jahe gajah atau jahe merah. Lebih pada Teknik Budidaya Jahe dengan menggunakan Karung.

6. Budidaya Tanaman Pisang Yang Menguntungkan

Pisang merupakan salah satu buah yang populer di tengah masyarakat kita. Selain mudah ditemukan, buah berbentuk panjang dan bulat ini juga sering disajikan dalam berbagai bentuk makanan olahan. Jenis tanaman pisang pun sangat beragam, namun kali ini redaksi ingin membahas salah satunya saja yakni Pisang Kepok.  

7. Budidaya Tanaman Hias

Ornamental Plant atau tanaman hias merupakan tanaman yang sering jumpai di pekarangan rumah dan banyak disukai oleh kaum wanita, karena tanaman ini mempunyai nilai estetika yang cukup tinggi dan memiliki nilai lebih dari tanaman lainnya. Jenis dan kepopulerannya pun sangat beragam dan cenderung dinamis.

Meskipun selera pasar tanaman hias sangat dinamis, namun ada beberapa jenis tanaman yang penggemarnya tidak menurun atau bahkan hilang. Popularitas tanaman hias ini seperti abadi dan tidak lekang oleh waktu. Tanaman hias yang digemari biasanya karena bentuk dan warna bunga, bentuk daun, bentuk batang dan akar. Sebaiknya .
Bercocok tanam tidak hanya menghijaukan bumi, namun mempunyai nilai ekonomis jika kita pandai

 

Keuntungan Bisnis Kelapa Sawit yang Harus Anda Tahu

Apakah keuntungan-keuntungan dari bisnis kelapa sawit? Seiring dengan meningkatnya harga komoditas kelapa sawit, daya tarik masyarakat terhadap bisnis tanaman ini semakin bertambah besar. Terlebih sektor perekonomian di Indonesia sangat dipengaruhi oleh aktivitas perdagangan minyak kelapa sawit. Bagi pemerintah, banyaknya lahan sawit diharapkan dapat menjaga tingkat kestabilan harga minyak nabati, sumber devisa negara, dan menciptakan lapangan kerja baru.

Tahukah Anda, sebelum minyak sawit mendominasi pasar, minyak kelapa telah banyak dimanfaatkan sebagai minyak goreng dan industri pangan lainnya. Bahkan pada tahun 1970-an, pengguanaan minyak kelapa tengah berada pada zaman keemasannya. Sayangnya produksi minyak kelapa yang cenderung menurun selama kurun waktu 20 tahun terakhir mendorong diberlakukannya subtitusi dengan minyak sawit yang produktifitasnya relatif selalu naik. Masalah baru muncul ketika peningkatan volume produksi minyak sawit tidak diiringi dengan kenaikan nilainya sebagai akibat dari fluktuasi harga secara global.

Walaupun begitu, bisnis kelapa sawit selalu menawarkan keuntungan yang tidak sedikit. Apa sajakah keuntungan-keuntungan tersebut? 

1. Laba Sampai Tiga Kali Lipat
Sudah menjadi rahasia umum kalau laba dari bisnis sawit sangatlah besar. Rata-rata biaya produksi kelapa sawit sebesar Rp 500/kg, sedangkan nilai jual TBS (Tandan Buah Segar) sekitar Rp 1597/kg. Jadi nilai keuntungan yang ditawarkan adalah Rp 1500/kg, berlaku kelipatannya. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa laba bisnis ini mencapai tiga kali lipat bahkan lebih jikalau harga TBS mengalami kenaikan. 

2. Modal Investasinya Cepat Balik
Anggaran biaya yang dibutuhkan untuk membuka lahan kelapa sawit kurang lebih sebanyak Rp30 juta/hektar. Biaya tersebut belum termasuk ongkos penanaman dan perawatan pohon sawit. Selama masa tanaman belum menghasilkan, para investor memang dituntut untuk menyediakan dana segar yang cukup banyak. Namun semua biaya tersebut mulai akan kembali pada saat tanaman sudah menghasilkan dan bisa dipenen. Pada umumnya, modal investasi akan balik ketika 4 tahun setelah masa panen yang pertamakali. Kabar baiknya lagi, pohon sawit umunya akan terus menghasilkan TBS hingga 25 tahun mendatang. 

3. Rentang Harganya Besifat Stabil
Apabila kita memperhatikan harga kelapa sawit, trennya cenderung bersifat stabil sejak tahun 2011. Dimulai dari harga Rp 1300/kg, lalu Rp 1600/kg, dan kini Rp 1395/kg. Perlu diketahui, minyak sawit bersaing begitu sengit dengan minyak kedelai di pasar global. Tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir sebab tingkat produktifitas kedelai masih rendah. 

4. Semuanya Dilakukan oleh Pekerja
Sebagai pemilik kebun kelapa sawit, Anda tidak perlu repot-repot mengurus lahan tersebut sendirian. Hal ini dikarenakan keuntungan yang bakal Anda terima dari lahan tersebut akan lebih dari cukup untuk membiayai para pekerja. Jadi bisa dibilang bahwa berbisnis kelapa sawit termasuk passive income, di mana Anda bakal selalu mendapatkan penghasilan tanpa harus bersusah payah mengelolanya. 

5. Harga Kebun Sawit Selalu Naik
Selain menjual TBS yang diproduksi oleh lahan sawit yang Anda miliki, berbisnis di sektor ini juga bisa dilakukan dengan berjualbeli lahan. Kenyatannya harga lahan kelapa sawit ini selalu mengalami kenaikan drastis di setiap tahunnya. Kalaupun berkurang, tingkat penurunan harga tersebut tidak terlampau signifikan dan jarang sekali terjadi. Harga suatu lahan kelapa sawit umumnya sangat dipengaruhi oleh kualitas tanaman-tanaman sawit yang tumbuh di dalamnya.

Jenis-Jenis Tanaman Perkebunan dan Tanaman Kebun

Jenis tanaman perkebunan dan tanaman kebun, sepertinya sama saja tetapi mempunyai perbedaan mulai dari jenis tanaman, budidaya, pengelolaan hingga pasca panen
Perkebunan adalah lahan tanah yang dugunakan untuk menanam tanaman (industri) yang biasanya hasil pasca panen masih akan diolah lagi di skala industri. Biasanya lahan nya sangat luas mencapai ratusan hingga ribuan herktar di suatu wilayah tertentu
Kebun adalah lahan tanah luas yang dinaman untuk menanam jenis-jenis tanaman yang hasilnya bisa langsung dimanfaatkan atau dijual. Luas lahannya bervarasi mulai dari skala kecil pekarangan hingga besar lahan luas.

Tanaman Perkebunan
Kelapa Sawit
Kelapa sawit (Elaeis) adalah tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Perkebunannya menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

Teh
Teh adalah minuman yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Kelapa
Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae.

Kelapa adalah jenis tanaman perkebunan bisa langsung dimanfaatkan buahnya, namun banyak perkebunan besar memanfaatkan Kopra sebagai bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak menjadi bahan minuman penyegar dan merupakan limbah industri kopra. Namun, cairan ini dapat dimanfaatkan lagi untuk dibuat menjadi bahan semacam jelly yang disebut nata de coco

Kakao / Coklat
Kakao (Theobroma cacao L.) itanam di berbagai kawasan tropika. Dari biji tumbuhan ini dihasilkan produk olahan yang dikenal sebagai cokelat.

Biji Kakao adalah bahan utama pembuatan bubuk kakao (coklat), bubuk kakao adalah bahan dalam pembuatan kue, es krim, makanan ringan, susu, dan lain-lain. Dalam bahasa keseharian masyarakat kita menyebutnya coklat.

Kopi
Kopi merupakan salah satu komiditas perkebunan skala besar di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Indonesia peringkat 3-5 dalam hal produksi kopi dunia. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya.

Karet
Tanaman karet berasal dari bahasa latin yang bernama Hevea brasiliensis. Tanaman ini merupakan sumber utama bahan tanaman karet alam dunia.

Lebih dari setengah karet yang digunakan sekarang ini adalah sintetik, tetapi beberapa juta ton karet alami masih diproduksi setiap tahun, dan masih merupakan bahan penting bagi beberapa industri termasuk otomotif dan militer


Tanaman Kebun
1. segala tanaman buah: apel, mangga, jambu, apel. strawberry dll

2. Segala tanaman hias / bunga

3. Segala tanaman sayur


0 komentar:

Posting Komentar