Pengertian Manajemen Bisnis
Manajemen
bisnis akan sangat berguna ketika anda menjalankan kegiatan bisnis.
Manajemen sendiri merupakan ilmu yang berhubungan dengan berbagai hal
yang terkait dengan pengaturan, perancangan dan pengawasan dari suatu
kegiatan termasuk juga bisnis. Istilah manajemen berasal dari kata di
bahasa italia yaitu manggiare atau yang memiliki arti mengendalikan.
Menurut Marg Parker Foler, manajemen merupakan seni untuk menyelesaikan
sesuatu melalui kerja orang lain. Seni ini juga merupakan cara untuk
bisa mencapai suatu tujuan tertentu yang dapat memberikan keuntungan
bagi keseluruhan organisasi maupun beberapa pihak. Selain itu, manajemen
juga diambil dari kata dalam bahasa Inggris yaitu manage yang memiliki
arti mengatur atau mengelola.
Bisnis memiliki definisi
sebagai satu jenis kegiatan yang bertujuan untuk menjual produk – produk
dalam bentuk barang maupun jasa. Dapat disimpulkan bahwa Pengertian
Manajemen Bisnis ialah suatu kegiatan mengatur penjualan produk-produk
agar dapat memberikan keuntungan sebesar besarnya pada para pelakunya.
Manajemen bisnis berguna untuk membantu para pelaku bisnis dalam
menjalankan bisnisnya sehingga dapat menghindari adanya resiko
mendapatkan kerugian dalam bisnis tersebut.
Komponen bisnis
Bisnis
mencakup beberapa komponen yang saling terkait dan berhubungan satu
dengan yang lain. Komponen komponen dari bisnis antara lain adalah
manajemen bisnis, branding, layanan dan produk, relasi dan juga
pelanggan. Manajemen bisnis merupakan komponen yang utama dalam sebuah
bisnis agar bisa berhasil. Manajemen memiliki tujuan untuk membuat
rencana, mengelola dan menjalankan suatu bisnis. Komponen lain dari
bisnis adalah branding. Branding atau pembuatan merek adalah suatu
komponen yang penting untuk memberikan citra pada bisnis yang nantinya
akan mendukung dalam pencapaian untuk keberhasilan bisnis. Ketika
pembuatan merek dilakukan dengan tepat, maka akan lebih banyak potensi
konsumen yang tertarik pada barang tersebut.
Kualitas
merek juga akan menentukan kepercayaan konsumen yang nantinya akan
berpengaruh pada pendapatan dan keuntungan yang bisa didapatkan dari
hasil bisnis tersebut. merek juga memiliki pengaruh emosional pada
masyarakat, yaitu merek dapat memberikan kesan dan sudut pandang yang
berbeda mengenai suatu barang dan produsen. Layanan dan produk juga
termasuk dalam cakupan manajemen bisnis. Layanan dan produk adalah
komponen komponen dalam bisnis yang ditawarkan ke konsumen dan pasar.
Komponen bisnis selanjutnya adalah partner, yaitu pihak pihak yang
terkait dalam pelaksanaan bisnis dan berperan dalam usaha pencapaian
tujuan kesuksesan dalam bisnis.
Komponen berikutnya yang juga merupakan
sangat penting dalam manajemen bisnis adalah pelanggan. Pelanggan
sebagai konsumen dari barang dan jasa yang ditawarkan oleh suatu
produsen ke pasar memiliki peran penting dalam memberikan keuntungan
bagi perusahaan. Semakin banyak pelanggan pastinya akan semakin banyak
keuntungan yang diperoleh suatu produsen.
Perencanaan manajemen bisnis
Untuk
bisa mencapai kesuksesan bisnis yang tepat, maka diperlukan manajemen
bisnis yang terencana dengan matang sehingga mampu mengarahkan bisnis
menuju arah yang tepat dan mengantisipasi adanya kerugian yang mungkin
dihadapi oleh suatu bisnis. Memulai perencanaan manajemen bisnis bukan
hanya terletak pada modal. Banyak atau sedikitnya modal tidak menjamin
suatu bisnis akan bisa sukses dengan tepat. namun dengan manajemen yang
tepat, maka akan diperoleh pelaksanaan bisnis yang efisien dalam
menggunakan modal yang tersedia.
Untuk mencapai perencanaan manajemen
bisnis yang efisien, maka perlu dilakukan perhitungan yang cermat
mengenai modal yang ada dengan disesuaikan pada kegiatan operasional
dari pabrik atau perusahaan hingga beberapa waktu yang ada di masa
depan. Membuat anggaran jangka panjang yang tepat akan sangat tepat
dalam membantu perusahaan agar bisa mencapai kesuksesan.
KULIAH JURUSAN MANAJEMEN ITU SEPERTI APA YA?
Sedang mencari informasi tentang Jurusan Manajemen di perguruan tinggi? Mau tau selak beluknya tentang perkuliahan manajemen? Jika ya, kamu beruntung sekali. Pada kesempatan ini kita akan membahas tuntas mengenai Bagaimana sih Perkuliahan Manajemen?
Sebelumnya
ada beberapa hal yang harus sobat ketahui tentang jurusan manajemen.
Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan favorit di berbagai
perguruan tinggi. Pada SBMPTN 2015, jumlah peminat jurusan manajemen
menempati posisi keempat tertinggi dengan 3.885 peminat. Selain itu pada
perguruan tinggi swasta (PTS), jurusan ini selalu menempati posisi
nomor satu dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB).
Jurusan
manajemen banyak diminati dikarenakan peluang kerjanya yang sangat
luas. Setiap perusahaan yang berdiri takkan terlepas dari kebutuhan akan
lulusan manajemen di setiap divisi mereka, baik itu personalia,
produksi, pemasaran, maupun di divisi keuangan. Lebih lengkap lagi,
berikut ini merupakan prospek karier seorang lulusan manajemen:
- Excecutive Staff Personalia dan SDM, Excecutive Staff Pemasaran, Excecutive Staff Produksi, Excecutive Staff Keuangan
- Administrator Keuangan, Administrator Personalia dan HRD, Administrator Pemasaran, atau Administrator Produksi
- Manajer di berbagai bidang
- Analis Pasar
- Analis Saham dan Pasar Modal
- Analis Mutu Produk
- Supervisor
- Direktur atau juga Komisaris
- Wirausahawan
- Staff Penagajar baik Dosen maupun Guru Ekonomi, dan lain sebagainya.
Karier
dalam jurusan manajemen banyak dicetak dari adanya konsentrasi jurusan
dalam manajemen itu sendiri. Adapun konsentrasi didalam jurusan
manajemen pada umumnya ialah sebagai berikut:
Manajemen Keuangan
Pada
konsentrasi ini, mahasiswa peminatnya akan banyak mempelajari mengenai
analisa dan teknik pengelolaan keuangan suatu perusahaan. Adapun analisa
yang dimaksud ialah lebih banyak pada analisa laporan keuangan dalam
hal menilai kesehatan keuangan perusahaan. Selain itu, pada konsentrasi
ini peminatnya akan diajarkan pula pada apa saja yang mempengaruhi
tingkat keuangan perusahaan.
Manajemen Pemasaran
Pada
konsnetrasi ini, mahasiswa peminatnya akan lebih banyak memfokuskan
pada teknik pemasaran usaha. Adapun teknik pemasaran ini tak terlepas
dari analisa bauran pemasaran seperti Product, Price, Place, Promotion (4P).
Selain itu peminat konsentrasi ini diajarkan pula dalam hal melihat
peluang pasar dan cara memanfaatkannya, serta apa saja yang dapat
mempengaruhi tingakt pemasaran produk tersebut.
Manajemen Sumber Daya Manusia (M-SDM)
Pada
konsentrasi ini mahasiswa peminatnya akan banyak terfokus pada
pengelolaan sumberdaya manusia (SDM) dala suatu organisasi. Pengelolaan
ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kinerja atau produktivitas
kerja karyawan. Pada konsentrasi ini peminatnya akan banyak mempelajari
bagaimana seorang pimpinan dapat mengelola tenaga kerja yang ada untuk
mencapai tujuan perusahaan dan apa saja faktor yang menyebabkan tenaga
kerja menjadi menurun produktivitas kerjanya.
Manajemen Operasional
Pada
konsentrasi ini mahasiswa pemniatnya akan banyak memfokuskan pada
analisa produk mulai dari saat pengiriman, pembuatan, hingga proses
pengiriman produk. Selain itu konsentrasi ini juga banyak menganalisa
mengenai letak perusahaan dan hubungannya dengan kelancaran proses
distribusi produk hingga sampai pada tangan konsumen. Konsentrasi ini
juga lebih fokus pad kajian mutu dan quality control suatu produk sehingga lulusan dari konsentrasi ini akan banyak dicari oleh industri.
Berbicara
mengenai konsentrasi jurusan pasti tak terlepas donk dengan mata kuliah
yang diajarkan. Adapun pada umumnya mata kuliah yang diajarkan di
jurusan manajemen ialah sebagai berikut:
MPK (MATA KULIAH
PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN)
- Pendidikan Agama
- Pendidikan Kewarganegaraan
- Pendidikan Pancasila
- Bahasa Indonesia
- Bahasa Inggris Bisnis
- Ilmu Alamiah Dasar
- Ilmu Budaya Dasar
MKK (MATA KULIAH KEAHLIAN DAN KETERAMPILAN)
- Ekonomi Mikro
- Ekonomi Makro
- Pengantar Akuntansi (dipelajari sampai beberapa semester)
- Pengantar Bisnis
- Pengantar Manajemen
- Matematika Ekonomi
- Matematika Bisnis
- Statistik (biasanya dipelajari hingga 2 semester)
- Pengantar Aplikasi Komputer
- Kewirausahaan
- Ekonomi Koperasi
- Komputerisasi Statistik Bisnis / Laboratorium Statistik
MPB (MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA)
- Perilaku Organisasi
- Metode Penelitian
- Manajemen Investasi
- Anggaran Perusahaan
- Perpajakan
- Hukum Bisnis
- Ekonomi Manajerial
- Ekonomi Internasional
- Komunikasi Bisnis
- Analisis Kuantitatif
- Perekonomian Indonesia
- Etika Bisnis
MKB (MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA)
- Manajemen Pemasaran (dipelajari hingga beberapa semester)
- Manajemen Keuangan (dipelajari hingga beberapa semester)
- Manajemen SDM (dipelajari hingga beberapa semester)
- Manajemen Operasi dan Produksi (dipelajari hingga beberapa semester)
- Manajemen Strategik
- Akuntansi Biaya
- Akuntansi Manajemen
- Riset Operasi
- Sistem Informasi Manajemen
- E-Commerce
- Studi Kelayakan Bisnis
- Analisa Laporan Keuangan
- Laboratorium Manajemen Keuangan dan Akuntansi
MATA KULIAH KONSENTRASI
JURUSAN
KONSENTRASI MANAJEMEN PEMASARAN
- Riset Pemasaran
- Manajemen Pemasaran Jasa (sering juga disebut Pemasaran Jasa)
- Manajemen Pemasaran Internasional
- Perilaku Konsumen
KONSENTRASI MANAJEMEN KEUANGAN
- Manajemen Keuangan Internasional
- Analisis Sekuritas dan Portofolio
- Analisis Kinerja Keuangan
- Manajemen Resiko
KONSENTRASI MANAJEMEN SDM
- Total Quality Management (TQM)
- Manajemen Kinerja dan Kompensasi
- Manajemen Pelatihan dan Pengembangan SDM
- Teknik Perencanaan Tenaga Kerja
KONSENTRASI MANAJEMEN OPERASIONAL
- Manajemen Mutu Produk
- Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management)
- Manajemen Proyek
SARAN BAGI KAMU YANG TERTARIK BERGABUNG DI JURUSAN MANAJEMEN
- Sebelum kamu mengambil keputusan mengambil jurusan manajemen di PTN, ada baiknya kamu survei terlebih dahulu peta persaingan jurusan manajemen di setiap PTN, karena jurusan ini merupakan jurusan yang paling berat persaingannya di Fakultas Ekonomi.
- Dalam jurusan manajemen banyak dituntut untuk berpikir analitis dan kritis, oleh sebab kamu harus biasakan dalam menyikapi sesuatunya secara bijak dan berdasarkan data yang valid (akurat). Orang manajemen akan selalu berpatokan pada sesuatu yang sudah valid dan bukan rekayasa.
- Biasakanlah dalam memahami perhitungan dasar matematika, terutama bagi kamu yang memiliki bayangan mengambil konsentrasi manajemen keuangan. Hal ini dikarenakan diseluruh bidang konsentrasi manajemen tak terlepas dari analisa penelitian yang berisi hitung-hitungan. Kalaupun tidak mahir, maka setidaknya paham alur perhitungannya akan kemana.
- Dalam jurusan manajemen, kita tidak hanya menganalisa mengenai kehidupan di perusahaan saja, namun kehidupan luar perusahaan harus benar-benar kita pahami. Untuk itulah maka penting bagi kamu untuk mempelajari secaa intens dasar-dasar ekonomi mikro dan makro pada semester awal.
Contoh Makalah Pengantar Manajemen dan Bisnis
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan yang maha Esa karena telah melimpahkan rahmatNya sehingga makalah kunjungan perusahaan/toko ini dapat terselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini dibuat guna menunjukkan partisipasi kami dalam kunjungan perusahaan dalam rangka pembuaatan makalah sebagai nilai final test mata kuliah pengantar manajemen dan bisnis. Berkat bantuan dan dukungan berbagai pihak, kami mengucapkan terima kasih kepada perusahaan/toko yang telah kami datangi yaitu Rovers hamster shop.
Semoga makalah ini bermanfaat untuk memberikan kontribusi kepada mahasiswa prodi teknik industri
sebagai bekal pengalaman nyata. Dan tentunya makalah ini masih
sangat jauh dari sempurna. Untuk itu kepada dosen kami minta
masukannya demi perbaikan pembuatan makalah kami di masa yang
akan datang.
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam ilmu ekonomi, perusahaan adalah suatu satuan ekonomi yang
bertujuan menyelenggarakan sebagian dari proses produksi masyarakat
guna memperoleh laba atau penghasilan. Dalam menjalankan kegiatan
usahanya terdapat berbagai persoalan yang sering muncul dalam setiap
perusahaan pada umumnya, yakni bagaimana perusahaan dapat mengatur mengenai proses manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, dan pengontrolan, bagaimana memperoleh
bahan baku dengan mudah dan dengan biaya yang rendah, bagaimana
perusahaan dapat melakukan kegiatan proses produksi, bagaimana peruahaan
dapat memasarkan hasil produksi kepada konsumen sehingga perusahaan/toko dapat memperoleh penghasilan tertentu dengan biaya seminimal mungkin.
1.2 Tujuan
Kunjungan perusahaan/toko yang dilakukan pada hari kamis, 15 desember 2011 salah satunya dalam rangka pembuatan makalah sebagai nilai final mata kuliah pengantar manajemen dan bisnis.
Disamping
itu ,diadakannya kunjungan perusahaan ini bertujuan unutk memberikan
informasi atau pengetahuan baru kepada para mahasiswa mengenai apa yang
sesungguhnya terjadi dilapangan terkait dengan proses perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, dan pengontrolan pada suatu perusahaan/toko sehingga mahasiswa tidak hanya memahami informasi dari sumber buku saja, akan tetapi dapat membandingkannya dengan kejadian langsung dilapangan.
BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
Sejarah
Rovers hamster
shop sesuai dengan namanya, toko ini menjual berbagai jenis hamster lengkap
dengan perlengkapannya. dari segi umur toko ini tergolong masih
baru, dimana toko ini baru resmi buka sekitar 10 bulan yang lalu. Nama dari
toko ini di ambil dari salah satu nama jenis hamster yaitu Rovers
yang terkenal didunia karena ukurannya yang paling kecil, lucu, namun
memiliki umur yang lebih panjang dari jenis lainnya.
Singkatnya
mengapa pemilik memilih menjual hamster dari pada binatang lain alasannya
pertama, karena hamster itu tergolong masih baru dimasyarakat sehingga di
harapkan kedepan peminatnya akan banyak karena penjual hamster sendiri masih
tergolng jarang. kedua , biaya untuk memulai usaha ini tidak terlalu mahal,
manajer menuturkan bahwa modal awal berdirinya toko ini hanya sekitar Rp
500.000
Profil lengkap
ROVERS HAMSTER SHOP
menjual berbagai
jenis hamster dan perlengkapannya
Alamat : xxxxx
Cp : 08991513xxx
085299864xxx
menjual berbagai
macam:
*HAMSTER
- Campbell :
- Campbell Normal
- Campbell Panda
- Campbell Argente
- Campbell
Blackbear
- Campbell Albino
- Winter White ;
- ww Blue Argente
- ww normal
- ww Saphire
- ww violet
- ww violet dorsal
- ww golden kuping
hitam
- ww golden kuping
putih
- ww golden red
eyes
- ww pearl
- Roborovski:
- Robo normal
- Robo White Face
*KANDANG
*MAKANAN
*AKSESORIS
PERMAINAN HAMSTER
*VITAMIN
*SERBUK KAYU
* &
Perlengkapan lainnya
BEST SELLER : Serbuk Kayu, Makanan Campur, n jugging whell
Harga Hamster per
ekor (harga relatif trgantung umur hamster)
Beli sepasang/lebih
akan mendapatkan harga khusus
UNTUK HARGA HAMSTER SMS di no 08991513xxx
Normal : 20rb
Normal Banded :
35rb
Normal Mottled : 35
rb
Normal Platinum :
35rb
Black bear : 20 rb
black Banded :
35rbR
Black Platinum :
35rb
Black Mottled/panda
: 45rb
Dilute : 40rb
Albino : 40rb
agouti : 40 rb
Argente : 45 rbu
Argente Mottled :
50rb
Dove : 45rb
dove silvering : 55
rb
Dove mottled/banded
: 50rb
- Roborovski:
- Robo normal :
kosong (Rp.110.00)
- Robo White Face :
kosong (Rp.115.000)
- Winter White ;
- ww normal :
25.000
- ww Saphire :
35.000
- ww violet :
50.000
- ww golden red
eyes : 220.000
- ww pearl : 45.000
untuk pembelian
perlengkapan hamster. kandang dan tempat mandi
Order by
sms/Telepon
08991513xxx,
089694870xxx
Format>>
nama, alamat, nama brg, jumlah barang yang dipesan
pihak toko akan
memberitahukan Anda jumlah
yang harus Anda
bayar + Ongkos Kirim
melalui SMS /
Inbox.
khusus pengiriman
luar kota pembayaran via transfer rek. mandiri atau BRI, Jika Pembayaran
sudah ditransfer, harap memberikan konfirmasi via sms...
setelah memesan
barang yang di inginkan kami akan memberikan list harganya dan total biayanya
untuk saat ini
pihak toko melakukan pengiriman dengan memakai jasa pengiriman TIKI dan JNE,,
jika customer ingin melakukan pengiriman barang dengan jasa pengiriman barang
yang lain silahkan inbox or sms di no 08991513xxx
Note : ada harga
promo setiap bulannya.
Pengiriman barang
bisa pakai :
- Paket jne : http://www.jne.co.id/ atau
Paket pos: www.posindonesia.co.id
BAB III
PROSES MANAJEMEN DAN BISNIS
Dalam
Manajemen terdapat fungsi-fungsi manajemen yang terkait erat di dalamnya.
Pada umumnya ada empat (4) fungsi manajemen yang banyak dikenal masyarakat
yaitu fungsi perencanaan (planning), fungsi pengorganisasian (organizing),
fungsi pengarahan (directing) dan fungsi pengendalian (controlling). Untuk
fungsi pengorganisasian terdapat pula fungsi staffing (pembentukan staf).
Para manajer dalam organisasi perusahaan bisnis diharapkan mampu menguasai
semua fungsi manajemen yang ada untuk mendapatkan hasil manajemen yang
maksimal.
III.
1 Perencanaan
Perencanaan
dalam Rovers hamster shop didasarkan pada pasar, pelanggan, dan
produk/layanan. Berikut beberapa langkah proses perencanaan toko Rovers
hamster
shop. pertama,
terkait dengan pernyataan sasaran finansial toko untuk periode perencanaan
jangka panjang organisasi itu. Sasaran ini sering diuraikan dalam
bentuk perputaran, laba, dan keuntungan. Biasanya, batas perencanaan
periodenya ditentukan oleh keadaan pasar. Sebagai panduannya, seharusnya ada
pasar untuk produk organisasi itu, umtuk waktu yang cukup lama, setidaknya
untuk menutupi modal dan biaya perawatan.
Kedua, merupakan audit, atau tinjauan
dan penilaian yang sistematis, kritis, dan tak bias dari lingkungan dan
operasi perusahaan. Dalam praktiknya, cara terbaik untuk
melaksanakan audit manajemen adalah dengan melaksananakan audit secara
terpisah dari masing-masin fungsi manajemen utama.Dengan demikian, audit
pemasaran (yang berkaitan dengan lingkungan pemasaran dan operasi pemasaran)
merupakan biaya dari audit manajemen yang lebih besar, demikian pula dengan
audit operasi.
Ketiga, penetapan
sasaran dan strategi, tidak diragukan merupakan yan paling penting
dan paling sulit
dari tahapan perencanaan perusahaan karena jika lankah ketia tidak dilakukan
dengan semestinya, segala sesuatu yang mengikutinya menjadi tidak berarti
lagi. Tahapan ini merupakan tahapan dalam siklus perencanaan di
saat kompromi harus tercapai antara apa yan diininkan oleh beberapa
departemen fungsional dan apa yang dapat dipraktikkan dengan berbagai
hambatannya dalam setiap operasi perusahaan.
Keempat,
merupakan gabungan dari rencana detail ke dalam rencana perusahaan, yang
terdiri dari sasaran perusahaan jangka panjang, strategi, rencana,
perhitungan laba-rugi, dan laporan keuangan Tujuan utama rencana perusahaan
adalah menyajikan visi jangka panjang .
III.2.
Pengorganisasian
Pada Rovers hamster shop, tanggung jawab untuk memproduksi/menternakkan hamster berada pada bagian
produksi yang mana didalamnya terdapat para spesialis ahli dalam perencanaan
supervisi atau pelaksanaan dalam proses peternakan. Besarnya organisasi produksi yang diperlukan
tergantung besarnya toko dan kompleksnya proses yang diinginkan.
Pengorganisasian
menyangkut kepada penyusunan serangkaian tindakan yang telah ditentukan,
sehingga dapat dilaksanakan dengan baik. Manajemen sumber daya manusia
merancang struktur hubungan antara pekerjaan, sumber daya manusia, dan
faktor-faktor fisik yang akan dilibatkan. Para manajer harus hati-hati
terhadap hubungan yang rumit yang ada di antara satu unit khusus dan
unit-unit organisasi lainnya.
Pada
toko hamster shop, jika dilihat dari fungsinya toko hanya membagi dalam dua
bagian yaitu, bagian peternakan dan bagian distribusi
atau pemasaran. Pada bagian peternakan dikhususkan hanya menternakkan hamster
sesuai dengan kebutuhan konsumen, sedangkan pada bagian distribusi
dan pemasaran mereka yang menjual, mempromosikan dan mengantarkannya.
III.
3. Pengimplementasian
Fungsi
pengimplementasian/pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk
meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta
menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya. Setiap
usaha yang berhasil pasti memiliki kiat-kiat dan strategi-strategi tersendiri
yang diterapkan dalam menjalankan bisnisnya untuk mencapai tujuan yang
diinginkan. Kesuksesan suatu usaha biasanya didukung oleh strategi yang baik
dan penerapan yang baik.
Strategi-strategi
bisnis yang dijalankan yang merupakan kunci sukses Rovers hamster shop
meliputi inovasi, dengan inovasi biasanya toko akan lebih
memahami kebutuhan dan keinginan dari konsumennya. Seperti yang
kita ketahui yang terpenting dalam kegiatan pemasaran adalah kita menentukan
terlebih dahulu siapa konsumen kita. Dengan mengetahui siapa konsumen kita
maka kita akan menghasilkan sesuatu yang dinginkan oleh konsumen. Begitu pula
inovasi yang dilakukan harus sesuai dengan target konsumen yang dibidik.
fokus bisnis, kekuatan distribusi, jika ada pelanggan yang memesan
hamster maka distributor akan bertindak cepat dalam usaha pengiriman secara
efektif dan efisien. visioner, Visi sangat berperan penting dalam
pengembangan suatu usaha. Dengan visi dan misi yang kuat yang dimiliki oleh
Rovers hamster shop, maka usaha itu akan memiliki suatu landasan yang kuat
untuk mencapai tujuannya. Keempat elemen ini sangat dipegang teguh oleh
Rovers hamster shop. Strategi-strategi ini diimplementasikan dengan baik
dalam menjalankan usaha. Sehingga akhirnya usaha bisa berhasil seperti
sekarang ini.
III.
4. Pengontrolan
Pengontrolan atau
Pengendalian adalah proses pengaturan berbagai faktor dalam suatu perusahaan,
agar pelaksanaan sesuai dengan ketetapan-ketetapan dalam rencana.
Sangat jelas sekali bahwasanya fungsi pengendalian yang
diambil dari sudut pandang definisi sangat vital dalam suatu perusahaan
Supaya proses pelaksanaan dilakukan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dari
rencana, Melakukan tindakan perbaikan (corrective), jika terdapat
penyimpangan-penyimpangan (deviasi).Supaya tujuan sesuai dengan rencana.
Jadi pengendalian dilakukan sebelum proses,
saat proses, dan setelah proses, yakni hingga hasil akhir. Dengan
pengendalian diharapkan juga agar pemanfaatan semua unsur manajemen dapat
berjalan dengan efektif dan efesien.
Adapun proses
pengontrolan pada Rovers hamster shop yaitu:
Proses
pengontrolan dilakukan secara bertahap dan sistematis melalui langkah-langkah
sebagai berikut :
- Menentukan
standar-standar yang akan digunakan sebagai dasar pengendalian.
- Mengukur
pelaksanaan atau hasil yang sudah dicapai.
- Membandingkan
pelaksanaan atau hasil dengan standar dan menentukan penyimpangan jika ada.
- Melakukan
tindakan perbaikan, jika terdapat penyimpangan agar pelaksanaan dan tujuan
sesuai dengan rencana.
- Meninjau
dan menganalisis ulang rencana, apakah sudah benar-benar realistis atau
tidak. Jika ternyata belum realistis maka perlu harus diperbaiki.
BAB IV
ANALISIS MANAJEMEN DAN BISNIS
Proses
manajemen pada Rovers hamster shop pada dasarnya sudah mulai di
jalankan, namun dalam penerapannya masih belum berjalan begitu efektif,
mengingat usaha ini tergolong masih baru sehingga masih ditemukan banyak
kelemahan dalam proses manajemennya. kegiatan utama dalam analisis pekerjaan,
yaitu mengumpulkan informasi tentang operasi dan tanggung jawab suatu
pekerjaan dan mempelajarinya lebih mendalam.
Analisis
manajemen dan bisnis mengenai rovsers hamster shop meliputi:
- Aspek pemasaran
Jika
dikaji lebih lanjut maka dapat diketahui bahwa minat masyarakat terhadap
binatang peliharaan cukup besar, namun untuk binatang peliharaan sejenis
hamster masih sedikit awam ditelinga masyarakat. Namun dengan promosi dan
penjelasan yang memadai tentang hamster maka perlahan masyarakat mulai
tertarik untuk memelihara hamster. Ini dibuktikan dengan makin banyaknya
pembeli dan pemesan hamster di Rovers hamster shop sehingga kedepan bisnis
ini berpotensi untuk berkembang pesat. Apalagi jika didukung dengan
penyebaran informasi yang makin cepat sehingga mampu memperluas pangsa pasar.
- Aspek manajemen
Rovers
hamster shop dikelola oleh seorang direktur yang kemudian mempekerjakan
beberapa karyawan yang ditempatkan dalam posisi tertentu sesuai keahliannya.
Dalam Menjalankan sebuah bisnis, manajemen merupakan factor yang paling
penting karena tan pa manajemen perusahaan tidak akan terkelola dengan baik
dan benar. dalam menjalankan perusahaan ada beberapa aspek manajemen
(pengelolaan perusahaan) yang perlu menjadi perhatian para pebisnis yakni :
Kebijakan dan target tahunan, sumber dan struktur organisasi,
produksi/operasi dan SDM, budaya perusahaan, lingkungan sekitar, kemauan
untuk berubah, restrukturisasi serta sistem kompensasi.
BAB V
PENUTUP
V.1 Kesimpulan
Berdasarkan
uraian sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa keberhasilan toko Rovers
hamster shop mempertahankan eksistensinya tidak terlepas dari strategi yang
mereka laksanakan yaitu
inovasi,
dimana pihak toko selalu berinovasi dalam melakukan promosi produk atau
barang kepada masyarakat.
· fokus
usaha pemasaran
dan distribusi, jika ada pelanggan yang memesan hamster maka
distributor akan bertindak cepat dalam usaha pengiriman secara efektif dan
efisien.
· visioner, visi
sangat berperan penting dalam pengembangan suatu usaha. Dengan visi dan misi
yang kuat yang dimiliki oleh Rovers hamster shop, maka usaha ini memiliki
suatu landasan yang kuat untuk mencapai tujuannya.
Keempat
elemen tersebutsangat dipegang teguh oleh Rovers hamster shop.
Strategi-strategi ini diimplementasikan dengan baik dalam menjalankan usaha.
Sehingga akhirnya usaha bisa berhasil seperti sekarang ini. hal ini juga diimbangi dengan kerjasama antar
direktur dengan karyawan Rovers hamster shop.
Suatu
usaha bisa berkembang menjadi suatu usaha berskala besar karena usaha dan
kerja keras yang dilakukan selama bertahun-tahun juga dengan
penerapan strategi yang tepat.
V.2 Saran
Kami
menyadari bahwa makalah yang kami buat ini masih jauh dari kesempurnaan dan
masih banyak hal yang perlu di perbaiki, untuk itu saran yang sifatnya
membangun kami harapkan dari pembaca sebagai bahan evaluasi dan
pembelajaran bagi kami agar dalam pembuatan makalah kami selanjutnya lebik
baik lagi.
0 komentar:
Posting Komentar