Home » , » Manajemen Bisnis

Manajemen Bisnis

Pengertian Manajemen Bisnis


Manajemen bisnis akan sangat berguna ketika anda menjalankan kegiatan bisnis. Manajemen sendiri merupakan ilmu yang berhubungan dengan berbagai hal yang terkait dengan pengaturan, perancangan dan pengawasan dari suatu kegiatan termasuk juga bisnis. Istilah manajemen berasal dari kata di bahasa italia yaitu manggiare atau yang memiliki arti mengendalikan. Menurut Marg Parker Foler, manajemen merupakan seni untuk menyelesaikan sesuatu melalui kerja orang lain. Seni ini juga merupakan cara untuk bisa mencapai suatu tujuan tertentu yang dapat memberikan keuntungan bagi keseluruhan organisasi maupun beberapa pihak. Selain itu, manajemen juga diambil dari kata dalam bahasa Inggris yaitu manage yang memiliki arti mengatur atau mengelola.

Bisnis memiliki definisi sebagai satu jenis kegiatan yang bertujuan untuk menjual produk – produk dalam bentuk barang maupun jasa. Dapat disimpulkan bahwa Pengertian Manajemen Bisnis ialah suatu kegiatan mengatur penjualan produk-produk agar dapat  memberikan keuntungan sebesar besarnya pada para pelakunya. Manajemen bisnis berguna untuk membantu para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya sehingga dapat menghindari adanya resiko mendapatkan kerugian dalam bisnis tersebut.





Komponen bisnis
Bisnis mencakup beberapa komponen yang saling terkait dan berhubungan satu dengan yang lain. Komponen komponen dari bisnis antara lain adalah manajemen bisnis, branding, layanan dan produk, relasi dan juga pelanggan. Manajemen bisnis merupakan komponen yang utama dalam sebuah bisnis agar bisa berhasil. Manajemen memiliki tujuan untuk membuat rencana, mengelola dan menjalankan suatu bisnis. Komponen lain dari bisnis adalah branding. Branding atau pembuatan merek adalah suatu komponen yang penting untuk memberikan citra pada bisnis yang nantinya akan mendukung dalam pencapaian untuk keberhasilan bisnis. Ketika pembuatan merek dilakukan dengan tepat, maka akan lebih banyak potensi konsumen yang tertarik pada barang tersebut.

Kualitas merek juga akan menentukan kepercayaan konsumen yang nantinya akan berpengaruh pada pendapatan dan keuntungan yang bisa didapatkan dari hasil bisnis tersebut. merek juga memiliki pengaruh emosional pada masyarakat, yaitu merek dapat memberikan kesan dan sudut pandang yang berbeda mengenai suatu barang dan produsen. Layanan dan produk juga termasuk dalam cakupan manajemen bisnis. Layanan dan produk adalah komponen komponen dalam bisnis yang ditawarkan ke konsumen dan pasar. Komponen bisnis selanjutnya adalah partner, yaitu pihak pihak yang terkait dalam pelaksanaan bisnis dan berperan dalam usaha pencapaian tujuan kesuksesan dalam bisnis. 

Komponen berikutnya yang juga merupakan sangat penting dalam manajemen bisnis adalah pelanggan. Pelanggan sebagai konsumen dari barang dan jasa yang ditawarkan oleh suatu produsen ke pasar memiliki peran penting dalam memberikan keuntungan bagi perusahaan. Semakin banyak pelanggan pastinya akan semakin banyak keuntungan yang diperoleh suatu produsen.

Perencanaan manajemen bisnis
Untuk bisa mencapai kesuksesan bisnis yang tepat, maka diperlukan manajemen bisnis yang terencana dengan matang sehingga mampu mengarahkan bisnis menuju arah yang tepat dan mengantisipasi adanya kerugian yang mungkin dihadapi oleh suatu bisnis. Memulai perencanaan manajemen bisnis bukan hanya terletak pada modal. Banyak atau sedikitnya modal tidak menjamin suatu bisnis akan bisa sukses dengan tepat. namun dengan manajemen yang tepat, maka akan diperoleh pelaksanaan bisnis yang efisien dalam menggunakan modal yang tersedia.

Untuk mencapai perencanaan manajemen bisnis yang efisien, maka perlu dilakukan perhitungan yang cermat mengenai modal yang ada dengan disesuaikan pada kegiatan operasional dari pabrik atau perusahaan hingga beberapa waktu yang ada di masa depan. Membuat anggaran jangka panjang yang tepat akan sangat tepat dalam membantu perusahaan agar bisa mencapai kesuksesan.

KULIAH JURUSAN MANAJEMEN ITU SEPERTI APA YA? 

 Sedang mencari informasi tentang Jurusan Manajemen di perguruan tinggi? Mau tau selak beluknya tentang perkuliahan manajemen? Jika ya, kamu beruntung sekali. Pada kesempatan ini kita akan membahas tuntas mengenai Bagaimana sih Perkuliahan Manajemen?


Sebelumnya ada beberapa hal yang harus sobat ketahui tentang jurusan manajemen. Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan favorit di berbagai perguruan tinggi. Pada SBMPTN 2015, jumlah peminat jurusan manajemen menempati posisi keempat tertinggi dengan 3.885 peminat. Selain itu pada perguruan tinggi swasta (PTS), jurusan ini selalu menempati posisi nomor satu dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB).
 
Jurusan manajemen banyak diminati dikarenakan peluang kerjanya yang sangat luas. Setiap perusahaan yang berdiri takkan terlepas dari kebutuhan akan lulusan manajemen di setiap divisi mereka, baik itu personalia, produksi, pemasaran, maupun di divisi keuangan. Lebih lengkap lagi, berikut ini merupakan prospek karier seorang lulusan manajemen:

  1. Excecutive Staff Personalia dan SDM, Excecutive Staff Pemasaran, Excecutive Staff Produksi, Excecutive Staff Keuangan
  2. Administrator Keuangan, Administrator Personalia dan HRD, Administrator Pemasaran, atau Administrator Produksi
  3. Manajer di berbagai bidang
  4. Analis Pasar 
  5. Analis Saham dan Pasar Modal
  6. Analis Mutu Produk
  7. Supervisor
  8. Direktur atau juga Komisaris
  9. Wirausahawan
  10. Staff Penagajar baik Dosen maupun Guru Ekonomi, dan lain sebagainya.
KONSENTRASI JURUSAN MANAJEMEN
Karier dalam jurusan manajemen banyak dicetak dari adanya konsentrasi jurusan dalam manajemen itu sendiri. Adapun konsentrasi didalam jurusan manajemen pada umumnya ialah sebagai berikut:

Manajemen Keuangan

Pada konsentrasi ini, mahasiswa peminatnya akan banyak mempelajari mengenai analisa dan teknik pengelolaan keuangan suatu perusahaan. Adapun analisa yang dimaksud ialah lebih banyak pada analisa laporan keuangan dalam hal menilai kesehatan keuangan perusahaan. Selain itu, pada konsentrasi ini peminatnya akan diajarkan pula pada apa saja yang mempengaruhi tingkat keuangan perusahaan.

Manajemen Pemasaran

Pada konsnetrasi ini, mahasiswa peminatnya akan lebih banyak memfokuskan pada teknik pemasaran usaha. Adapun teknik pemasaran ini tak terlepas dari analisa bauran pemasaran seperti Product, Price, Place, Promotion (4P). Selain itu peminat konsentrasi ini diajarkan pula dalam hal melihat peluang pasar dan cara memanfaatkannya, serta apa saja yang dapat mempengaruhi tingakt pemasaran produk tersebut.

Manajemen Sumber Daya Manusia (M-SDM)

Pada konsentrasi ini mahasiswa peminatnya akan banyak terfokus pada pengelolaan sumberdaya manusia (SDM) dala suatu organisasi. Pengelolaan ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kinerja atau produktivitas kerja karyawan. Pada konsentrasi ini peminatnya akan banyak mempelajari bagaimana seorang pimpinan dapat mengelola tenaga kerja yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan dan apa saja faktor yang menyebabkan tenaga kerja menjadi menurun produktivitas kerjanya.

Manajemen Operasional

Pada konsentrasi ini mahasiswa pemniatnya akan banyak memfokuskan pada analisa produk mulai dari saat pengiriman, pembuatan, hingga proses pengiriman produk. Selain itu konsentrasi ini juga banyak menganalisa mengenai letak perusahaan dan hubungannya dengan kelancaran proses distribusi produk hingga sampai pada tangan konsumen. Konsentrasi ini juga lebih fokus pad kajian mutu dan quality control suatu produk sehingga lulusan dari konsentrasi ini akan banyak dicari oleh industri.
 
MATA KULIAH JURUSAN MANAJEMEN
Berbicara mengenai konsentrasi jurusan pasti tak terlepas donk dengan mata kuliah yang diajarkan. Adapun pada umumnya mata kuliah yang diajarkan di jurusan manajemen ialah sebagai berikut:

MPK (MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN)
  1. Pendidikan Agama
  2. Pendidikan Kewarganegaraan
  3. Pendidikan Pancasila
  4. Bahasa Indonesia
  5. Bahasa Inggris Bisnis
  6. Ilmu Alamiah Dasar
  7. Ilmu Budaya Dasar 

MKK (MATA KULIAH KEAHLIAN DAN KETERAMPILAN)
  1. Ekonomi Mikro
  2. Ekonomi Makro
  3. Pengantar Akuntansi (dipelajari sampai beberapa semester)
  4. Pengantar Bisnis
  5. Pengantar Manajemen
  6. Matematika Ekonomi
  7. Matematika Bisnis
  8. Statistik (biasanya dipelajari hingga 2 semester)
  9. Pengantar Aplikasi Komputer
  10. Kewirausahaan
  11. Ekonomi Koperasi
  12. Komputerisasi Statistik Bisnis / Laboratorium Statistik

MPB (MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA)
  1. Perilaku Organisasi
  2. Metode Penelitian
  3. Manajemen Investasi
  4. Anggaran Perusahaan
  5. Perpajakan
  6. Hukum Bisnis
  7. Ekonomi Manajerial
  8. Ekonomi Internasional
  9. Komunikasi Bisnis
  10. Analisis Kuantitatif
  11. Perekonomian Indonesia
  12. Etika Bisnis

MKB (MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA)
  1. Manajemen Pemasaran (dipelajari hingga beberapa semester)
  2. Manajemen Keuangan (dipelajari hingga beberapa semester)
  3. Manajemen SDM (dipelajari hingga beberapa semester)
  4. Manajemen Operasi dan Produksi (dipelajari hingga beberapa semester)
  5. Manajemen Strategik
  6. Akuntansi Biaya
  7. Akuntansi Manajemen
  8. Riset Operasi
  9. Sistem Informasi Manajemen
  10. E-Commerce
  11. Studi Kelayakan Bisnis
  12. Analisa Laporan Keuangan
  13. Laboratorium Manajemen Keuangan dan Akuntansi 

MATA KULIAH KONSENTRASI JURUSAN
KONSENTRASI MANAJEMEN PEMASARAN
  1. Riset Pemasaran
  2. Manajemen Pemasaran Jasa (sering juga disebut Pemasaran Jasa)
  3. Manajemen Pemasaran Internasional
  4. Perilaku Konsumen

KONSENTRASI MANAJEMEN KEUANGAN
  1. Manajemen Keuangan Internasional
  2. Analisis Sekuritas dan Portofolio
  3. Analisis Kinerja Keuangan
  4. Manajemen Resiko

KONSENTRASI MANAJEMEN SDM
  1. Total Quality Management (TQM)
  2. Manajemen Kinerja dan Kompensasi
  3. Manajemen Pelatihan dan Pengembangan SDM
  4. Teknik Perencanaan Tenaga Kerja

KONSENTRASI MANAJEMEN OPERASIONAL
  1. Manajemen Mutu Produk
  2. Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management)
  3. Manajemen Proyek

SARAN BAGI KAMU YANG TERTARIK BERGABUNG DI JURUSAN MANAJEMEN

  1. Sebelum kamu mengambil keputusan mengambil jurusan manajemen di PTN, ada baiknya kamu survei terlebih dahulu peta persaingan jurusan manajemen di setiap PTN, karena jurusan ini merupakan jurusan yang paling berat persaingannya di Fakultas Ekonomi.
  2. Dalam jurusan manajemen banyak dituntut untuk berpikir analitis dan kritis, oleh sebab kamu harus biasakan dalam menyikapi sesuatunya secara bijak dan berdasarkan data yang valid (akurat). Orang manajemen akan selalu berpatokan pada sesuatu yang sudah valid dan bukan rekayasa.
  3. Biasakanlah dalam memahami perhitungan dasar matematika, terutama bagi kamu yang memiliki bayangan mengambil konsentrasi manajemen keuangan. Hal ini dikarenakan diseluruh bidang konsentrasi manajemen tak terlepas dari analisa penelitian yang berisi hitung-hitungan. Kalaupun tidak mahir, maka setidaknya paham alur perhitungannya akan kemana.
  4. Dalam jurusan manajemen, kita tidak hanya menganalisa mengenai kehidupan di perusahaan  saja, namun kehidupan luar perusahaan harus benar-benar kita pahami. Untuk itulah maka penting bagi kamu untuk mempelajari secaa intens dasar-dasar ekonomi mikro dan makro pada semester awal.


Contoh Makalah Pengantar Manajemen dan Bisnis

KATA PENGANTAR


Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan  yang maha Esa karena telah melimpahkan rahmatNya  sehingga makalah kunjungan perusahaan/toko ini dapat terselesaikan  tepat  pada waktunya. Makalah ini dibuat guna menunjukkan partisipasi kami dalam kunjungan perusahaan dalam rangka pembuaatan makalah sebagai nilai final test mata kuliah pengantar  manajemen dan bisnis. Berkat bantuan dan dukungan berbagai pihak, kami mengucapkan terima kasih kepada  perusahaan/toko yang telah kami datangi yaitu  Rovers hamster shop.
Semoga  makalah  ini  bermanfaat  untuk  memberikan  kontribusi  kepada  mahasiswa  prodi  teknik industri sebagai  bekal  pengalaman nyata.  Dan  tentunya  makalah  ini  masih  sangat  jauh  dari sempurna.  Untuk  itu  kepada  dosen   kami  minta  masukannya  demi  perbaikan  pembuatan  makalah  kami  di  masa  yang  akan  datang.



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Dalam ilmu ekonomi, perusahaan adalah suatu satuan ekonomi  yang bertujuan menyelenggarakan sebagian dari proses produksi masyarakat guna memperoleh laba atau penghasilan. Dalam menjalankan kegiatan usahanya terdapat berbagai persoalan yang sering muncul dalam setiap perusahaan pada umumnya, yakni bagaimana perusahaan dapat mengatur mengenai proses manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, dan pengontrolan, bagaimana memperoleh bahan baku dengan mudah dan dengan biaya yang rendah, bagaimana perusahaan dapat melakukan kegiatan proses produksi, bagaimana peruahaan dapat memasarkan hasil produksi kepada konsumen sehingga perusahaan/toko dapat memperoleh penghasilan tertentu dengan biaya seminimal mungkin.


1.2  Tujuan
      Kunjungan perusahaan/toko yang dilakukan pada hari kamis, 15 desember 2011 salah satunya dalam rangka pembuatan makalah sebagai nilai final mata kuliah pengantar manajemen dan bisnis.
Disamping itu ,diadakannya kunjungan perusahaan ini bertujuan unutk memberikan informasi atau pengetahuan baru kepada para mahasiswa mengenai apa yang sesungguhnya terjadi dilapangan terkait dengan proses perencanaan, pengorganisasian, pengimplementasian, dan pengontrolan  pada suatu perusahaan/toko sehingga mahasiswa tidak hanya memahami informasi dari sumber buku saja, akan  tetapi dapat membandingkannya dengan kejadian langsung dilapangan.



BAB II
PROFIL PERUSAHAAN
Sejarah
Rovers  hamster shop sesuai dengan namanya, toko ini menjual berbagai jenis hamster lengkap dengan perlengkapannya.  dari segi umur toko ini tergolong masih baru, dimana toko ini baru resmi buka sekitar 10 bulan yang lalu. Nama dari toko ini di ambil dari salah satu nama jenis hamster  yaitu Rovers yang terkenal didunia karena ukurannya yang paling kecil, lucu, namun memiliki umur yang lebih panjang dari jenis lainnya.
Singkatnya mengapa pemilik memilih menjual hamster dari pada binatang lain alasannya pertama, karena hamster itu tergolong masih baru dimasyarakat sehingga di harapkan kedepan peminatnya akan banyak karena penjual hamster sendiri masih tergolng jarang. kedua , biaya untuk memulai usaha ini tidak terlalu mahal, manajer menuturkan bahwa modal awal berdirinya toko ini hanya sekitar Rp 500.000

Profil lengkap
ROVERS HAMSTER SHOP
menjual berbagai jenis hamster dan perlengkapannya
Alamat  :  xxxxx
Cp           :  08991513xxx

                   085299864xxx

menjual berbagai macam:
*HAMSTER
- Campbell : 
- Campbell Normal
- Campbell Panda
- Campbell Argente
- Campbell Blackbear
- Campbell Albino
- Winter White ;
- ww Blue Argente
- ww normal
- ww Saphire
- ww violet
- ww violet dorsal
- ww golden kuping hitam
- ww golden kuping putih
- ww golden red eyes
- ww pearl
- Roborovski:
- Robo normal
- Robo White Face
*KANDANG
*MAKANAN
*AKSESORIS PERMAINAN HAMSTER
*VITAMIN
*SERBUK KAYU
* & Perlengkapan lainnya
BEST SELLER : Serbuk Kayu, Makanan Campur, n jugging whell
Harga Hamster per ekor (harga relatif trgantung umur hamster)
Beli sepasang/lebih akan mendapatkan harga khusus
UNTUK HARGA HAMSTER SMS di no 08991513xxx
Normal : 20rb
Normal Banded : 35rb
Normal Mottled : 35 rb
Normal Platinum : 35rb
Black bear : 20 rb
black Banded : 35rbR
Black Platinum : 35rb
Black Mottled/panda : 45rb
Dilute : 40rb
Albino : 40rb
agouti : 40 rb
Argente : 45 rbu
Argente Mottled : 50rb
Dove : 45rb
dove silvering : 55 rb
Dove mottled/banded : 50rb
- Roborovski:
- Robo normal : kosong (Rp.110.00)
- Robo White Face : kosong (Rp.115.000)
- Winter White ; 
- ww normal : 25.000
- ww Saphire : 35.000
- ww violet : 50.000
- ww golden red eyes : 220.000
- ww pearl : 45.000

untuk pembelian perlengkapan hamster. kandang dan tempat mandi 
Order by sms/Telepon
08991513xxx, 089694870xxx
Format>> nama, alamat, nama brg, jumlah barang yang dipesan
pihak toko akan memberitahukan Anda jumlah
yang harus Anda bayar + Ongkos Kirim
melalui SMS / Inbox.
khusus pengiriman luar kota pembayaran via transfer rek. mandiri atau BRI, Jika Pembayaran sudah ditransfer, harap memberikan konfirmasi via sms...
setelah memesan barang yang di inginkan kami akan memberikan list harganya dan total biayanya

untuk saat ini pihak toko melakukan pengiriman dengan memakai jasa pengiriman TIKI dan JNE,, jika customer ingin melakukan pengiriman barang dengan jasa pengiriman barang yang lain silahkan inbox or sms di no 08991513xxx

Note : ada harga promo setiap bulannya.

Pengiriman barang bisa pakai :
- Paket jne : http://www.jne.co.id/  atau  
Paket pos: www.posindonesia.co.id


BAB III
PROSES MANAJEMEN DAN BISNIS

          Dalam Manajemen terdapat fungsi-fungsi manajemen yang terkait erat di dalamnya. Pada umumnya ada empat (4) fungsi manajemen yang banyak dikenal masyarakat yaitu fungsi perencanaan (planning), fungsi pengorganisasian (organizing), fungsi pengarahan (directing) dan fungsi pengendalian (controlling). Untuk fungsi pengorganisasian terdapat pula fungsi staffing (pembentukan staf). Para manajer dalam organisasi perusahaan bisnis diharapkan mampu menguasai semua fungsi manajemen yang ada untuk mendapatkan hasil manajemen yang maksimal.
III. 1 Perencanaan

           Perencanaan dalam  Rovers hamster shop didasarkan pada pasar, pelanggan, dan produk/layanan. Berikut beberapa langkah proses perencanaan toko  Rovers hamster shop.                      pertama, terkait dengan pernyataan sasaran finansial toko untuk periode perencanaan jangka panjang organisasi itu. Sasaran  ini sering diuraikan dalam bentuk perputaran, laba, dan keuntungan. Biasanya, batas perencanaan periodenya ditentukan oleh keadaan pasar. Sebagai panduannya, seharusnya ada pasar untuk produk organisasi itu, umtuk waktu yang cukup lama, setidaknya untuk menutupi modal dan biaya perawatan. 

           Kedua, merupakan audit, atau  tinjauan dan penilaian yang sistematis, kritis, dan tak bias dari lingkungan dan operasi perusahaan. Dalam  praktiknya, cara terbaik untuk melaksanakan audit manajemen adalah dengan melaksananakan audit secara terpisah dari masing-masin fungsi manajemen utama.Dengan demikian, audit pemasaran (yang berkaitan dengan lingkungan pemasaran dan operasi pemasaran) merupakan biaya dari audit manajemen yang lebih besar, demikian pula dengan audit operasi.
Ketiga, penetapan sasaran dan strategi, tidak diragukan merupakan yan paling penting
dan paling sulit dari tahapan perencanaan perusahaan karena jika lankah ketia tidak dilakukan dengan semestinya, segala sesuatu yang mengikutinya menjadi tidak berarti lagi. Tahapan  ini merupakan tahapan dalam siklus perencanaan di saat kompromi harus tercapai antara apa yan diininkan oleh beberapa departemen fungsional dan apa yang dapat dipraktikkan dengan berbagai hambatannya dalam setiap operasi perusahaan.
           Keempat, merupakan gabungan dari rencana detail ke dalam rencana perusahaan, yang terdiri dari sasaran perusahaan jangka panjang, strategi, rencana, perhitungan laba-rugi, dan laporan keuangan Tujuan utama rencana perusahaan adalah menyajikan visi jangka panjang .

III.2. Pengorganisasian
          Pada Rovers hamster shop,  tanggung jawab untuk memproduksi/menternakkan hamster  berada   pada bagian produksi yang mana didalamnya terdapat para spesialis ahli dalam perencanaan supervisi atau pelaksanaan dalam proses peternakan. Besarnya organisasi produksi yang diperlukan tergantung besarnya toko dan kompleksnya proses yang diinginkan.
          Pengorganisasian menyangkut kepada penyusunan serangkaian tindakan yang telah ditentukan, sehingga dapat dilaksanakan dengan baik. Manajemen sumber daya manusia merancang struktur hubungan antara pekerjaan, sumber daya manusia, dan faktor-faktor fisik yang akan dilibatkan. Para manajer harus hati-hati terhadap hubungan yang rumit yang ada di antara satu unit khusus dan unit-unit organisasi lainnya.
          Pada toko hamster shop, jika dilihat dari fungsinya toko hanya membagi dalam dua bagian yaitu,  bagian  peternakan dan bagian distribusi atau pemasaran. Pada bagian peternakan dikhususkan hanya menternakkan hamster sesuai dengan kebutuhan konsumen, sedangkan  pada bagian distribusi dan pemasaran mereka yang menjual, mempromosikan dan mengantarkannya.

III. 3. Pengimplementasian
           Fungsi pengimplementasian/pengarahan adalah suatu fungsi kepemimpinan manajer untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja secara maksimal serta menciptakan lingkungan kerja yang sehat, dinamis, dan lain sebagainya. Setiap usaha yang berhasil pasti memiliki kiat-kiat dan strategi-strategi tersendiri yang diterapkan dalam menjalankan bisnisnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kesuksesan suatu usaha biasanya didukung oleh strategi yang baik dan penerapan yang baik.
            Strategi-strategi bisnis yang dijalankan yang merupakan kunci sukses Rovers hamster shop meliputi inovasi, dengan inovasi biasanya toko akan lebih memahami kebutuhan dan keinginan dari konsumennya. Seperti yang kita ketahui yang terpenting dalam kegiatan pemasaran adalah kita menentukan terlebih dahulu siapa konsumen kita. Dengan mengetahui siapa konsumen kita maka kita akan menghasilkan sesuatu yang dinginkan oleh konsumen. Begitu pula inovasi yang dilakukan harus sesuai dengan target konsumen yang dibidik. fokus bisnis, kekuatan distribusi, jika ada pelanggan yang  memesan hamster maka distributor akan bertindak cepat dalam usaha pengiriman secara efektif dan efisien. visioner,  Visi sangat berperan penting dalam pengembangan suatu usaha. Dengan visi dan misi yang kuat yang dimiliki oleh Rovers hamster shop, maka usaha itu akan memiliki suatu landasan yang kuat untuk mencapai tujuannya. Keempat elemen ini sangat dipegang teguh oleh Rovers hamster shop. Strategi-strategi ini diimplementasikan dengan baik dalam menjalankan usaha. Sehingga akhirnya usaha bisa berhasil seperti sekarang ini.

III. 4. Pengontrolan

           Pengontrolan atau Pengendalian adalah proses pengaturan berbagai faktor dalam suatu perusahaan, agar pelaksanaan sesuai dengan ketetapan-ketetapan dalam  rencana.



Sangat jelas sekali bahwasanya fungsi pengendalian yang diambil dari sudut pandang definisi sangat vital dalam suatu perusahaan Supaya proses pelaksanaan dilakukan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dari rencana, Melakukan tindakan perbaikan (corrective), jika terdapat penyimpangan-penyimpangan (deviasi).Supaya tujuan sesuai dengan rencana.

           Jadi pengendalian dilakukan sebelum proses, saat proses, dan setelah proses, yakni hingga hasil akhir. Dengan pengendalian diharapkan juga agar pemanfaatan semua unsur manajemen dapat berjalan dengan efektif dan efesien.
Adapun  proses pengontrolan pada Rovers hamster shop yaitu:
           Proses pengontrolan dilakukan secara bertahap dan sistematis melalui langkah-langkah sebagai berikut :
-          Menentukan standar-standar yang akan digunakan sebagai dasar pengendalian.
-          Mengukur pelaksanaan atau hasil yang sudah dicapai.
-          Membandingkan pelaksanaan atau hasil dengan standar dan menentukan penyimpangan jika ada.
-          Melakukan tindakan perbaikan, jika terdapat penyimpangan agar pelaksanaan dan tujuan sesuai dengan rencana.
-          Meninjau dan menganalisis ulang rencana, apakah sudah benar-benar realistis atau tidak. Jika ternyata belum  realistis maka perlu harus diperbaiki.


BAB IV
ANALISIS MANAJEMEN DAN BISNIS
Proses manajemen  pada Rovers hamster shop pada dasarnya sudah mulai di jalankan, namun dalam penerapannya masih belum berjalan begitu efektif, mengingat usaha ini tergolong masih baru sehingga masih ditemukan banyak kelemahan dalam proses manajemennya. kegiatan utama dalam analisis pekerjaan, yaitu mengumpulkan informasi tentang operasi dan tanggung jawab suatu pekerjaan dan mempelajarinya lebih mendalam.
Analisis manajemen dan bisnis mengenai rovsers hamster  shop meliputi:
  1. Aspek pemasaran
        Jika dikaji lebih lanjut maka dapat diketahui bahwa minat masyarakat terhadap binatang peliharaan cukup besar, namun untuk binatang peliharaan sejenis hamster masih sedikit awam ditelinga masyarakat. Namun dengan promosi dan penjelasan yang memadai tentang hamster maka perlahan masyarakat mulai tertarik untuk memelihara hamster. Ini dibuktikan dengan makin banyaknya pembeli dan pemesan hamster di Rovers hamster shop sehingga kedepan bisnis ini berpotensi untuk berkembang pesat. Apalagi jika didukung dengan penyebaran informasi yang makin cepat sehingga mampu memperluas pangsa pasar.
  1. Aspek manajemen
         Rovers hamster shop dikelola oleh seorang direktur yang kemudian mempekerjakan beberapa karyawan yang ditempatkan dalam posisi tertentu sesuai keahliannya. Dalam Menjalankan sebuah bisnis, manajemen merupakan factor yang paling penting karena tan pa manajemen perusahaan tidak akan terkelola dengan baik dan benar. dalam menjalankan perusahaan ada beberapa aspek manajemen (pengelolaan perusahaan) yang perlu menjadi perhatian para pebisnis yakni : Kebijakan dan target tahunan, sumber dan struktur organisasi, produksi/operasi dan SDM, budaya perusahaan, lingkungan sekitar, kemauan untuk berubah, restrukturisasi serta sistem kompensasi.

BAB V
PENUTUP

V.1 Kesimpulan
Berdasarkan uraian sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa keberhasilan toko Rovers hamster shop mempertahankan eksistensinya tidak terlepas dari strategi yang mereka laksanakan yaitu
inovasi, dimana pihak toko selalu berinovasi dalam melakukan promosi produk atau barang kepada masyarakat.
·         fokus usaha   pemasaran dan distribusi, jika ada pelanggan yang  memesan hamster maka distributor akan bertindak cepat dalam usaha pengiriman secara efektif dan efisien.
·          visioner, visi sangat berperan penting dalam pengembangan suatu usaha. Dengan visi dan misi yang kuat yang dimiliki oleh Rovers hamster shop, maka usaha ini memiliki suatu landasan yang kuat untuk mencapai tujuannya.
           Keempat elemen tersebutsangat dipegang teguh oleh Rovers hamster shop. Strategi-strategi ini diimplementasikan dengan baik dalam menjalankan usaha. Sehingga akhirnya usaha bisa berhasil seperti sekarang ini. hal ini juga diimbangi dengan kerjasama antar direktur dengan karyawan Rovers hamster shop.   
Suatu usaha bisa berkembang menjadi suatu usaha berskala besar karena usaha dan kerja   keras yang dilakukan selama bertahun-tahun juga dengan penerapan strategi yang tepat.

V.2 Saran
Kami menyadari bahwa makalah yang kami buat ini masih jauh dari kesempurnaan dan masih banyak hal yang perlu di perbaiki, untuk itu saran yang sifatnya membangun kami harapkan dari pembaca  sebagai bahan evaluasi dan pembelajaran bagi kami agar dalam pembuatan makalah kami selanjutnya lebik baik lagi.

 



0 komentar:

Posting Komentar