Home » , » Inilah Beberapa Bisnis Menjanjikan Yang Ada di Indonesia

Inilah Beberapa Bisnis Menjanjikan Yang Ada di Indonesia




Bisnis Kecil Menengah yang Ada di Indonesia

Walaupun dunia usaha di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat, tidak sedikit dari antara kita yang kesulitan untuk memilih jenis usaha yang akan digeluti. Alasannya beragam, ada yang sulit memulai usaha karena kurangnya modal, kurang pengalaman, tidak punya pengetahuan bisnis, tidak mengerti cara pemasaran bisnis, dan masih banyak lagi kendala lainnya. Tentu saja semua kendala dan tantangan ini tidak membuat kita berhenti berusaha dalam membangun bisnis sendiri, karena setiap usaha memang akan selalu punya tantangan tersendiri yang harus dilalui.
Nah bagi Anda yang ingin memulai usaha sendiri, berikut ini kami rangkum beberapa bisnis UKM (Usaha Kecil Menengah) yang cukup menjanjikan, bahkan diantaranya bisa kita jalankan dengan modal yang kecil.

Mungkin sebagian orang sering kali meremehkan usaha kecil menengah, bahkan usaha kecil sering diidentikan dengan bisnis untuk orang-orang yang memiliki modal terbatas dan pengelolaan yang seadanya. Namun sebenarnya tidak selalu demikian karena ada banyak pengusaha sukses yang berawal dari usaha kecil menengah.

1. Usaha Kecil di Bidang Kuliner
Usaha di bidang kuliner memang tidak pernah sepi karena setiap orang membutuhkan asupan makanan setiap harinya. Tentu ini menjadi peluang besar bagi Anda yang memang berminat untuk membuka usaha kecil bidang ini. Anda bisa memulai dari usaha restauran, rumah makan, cafe, warung rames, atau bahkan pedagang kaki lima. Sekali lagi disesuaikan dengan modal yang tersedia.  Namun yang lebih penting adalah produk makanan apa yang hendak ditawarkan dan apakah cocok selera masyarakat?

Sebagai contoh Anda bisa menjalankan bisnis kuliner utama seperti ayam goreng, bakso, mie ayam, gudeg, masakan daerah dan lain-lain. Tidak hanya makanan berat saja, saat ini banyak cafe yang menyediakan kuliner dalam bentuk minuman, es krim, susu, kopi, cake, es kelapa muda dan lain-lain. Tidak buruk juga jika Anda membuka usaha kecil dengan cara kemitraan atau waralaba karena dengan sistem ini Anda bisa terbantu dalam hal penentuan produk, mendapatkan bahan baku dan tata cara pengelolaan.

2. Bisnis UKM di Bidang Fashion
Sama halnya dengan bisnis kuliner, bisnis fashion (pakaian) adalah jenis bisnis yang sangat potensial dan akan selalu dicari oleh banyak orang. Alasannya sangat sederhana, pakaian adalah kebutuhan sekunder bagi manusia, dan manusia sekarang ini punya banyak keinginan untuk model pakaian mereka.

Bisnis fashion memiliki banyak sekali kategori yang bisa dimanfaatkan, misalnya kategori pakaian pria atau wanita, pakaian muslim, pakaian model korea, dan masih banyak lagi. Salah satu bisnis busana muslim yang cukup sukses adalah Jilbab Rabbani yang membidik target market khusus wanita muslimah. Jilbab Rabbani juga memberikan kesempatan kepada pengecer untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk mereka dengan cara menjadi reseller.

Yang menarik dari bisnis fashion saat ini adalah, kita bisa bisa memiliki bisnis fashion dengan modal yang sangat minim namun potensi keuntungannya cukup menggiurkan. Banyaknya suplier fashion yang menawarkan sistem penjualan dengan cara reseller ataupun dropship, sehingga kita cukup mengeluarkan modal yang relatif kecil untuk memulai bisnis ini.

3. Bisnis di Bidang Pendidikan
Pendidikan adalah modal penting bagi perkembangan tiap generasi sebuah bangsa. Boleh dibilang bangsa yang memperhatikan pendidikan generasi penerus mereka adalah bangsa yang akan sukses di segala lini. Nah, karena begitu pentingnya pendidikan dan masih kurangnya sarana pendidikan yang ada di negara kita ini, maka ini bisa menjadi peluang usaha yang bisa dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki keterampilan atau keahlian di bidang tertentu.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis usaha kecil menengah yang bergerak di bidang pendidikan, salah satunya adalah lembaga pendidikan robot terbesar di Indonesia, yaitu Robota Robotics School. Lembaga pendidikan ini memang belum menyentuh semua kalangan, namun perlahan dan pasti dunia pendidikan robotika akan menyebar ke seluruh masayarakat Indonesia.

Contoh lain bisnis UKM dibidang pendidikan adalah lembaga pendidikan bahasa Inggris, International Language Program (ILP). Perkembangan dunia kerja dan dunia usaha yang mengharuskan kita memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris tentunya bisa menjadi sebuah peluang usaha. ILP menawarkan bisnisnya dengan sistem waralaba, sehingga mereka yang tertarik dengan bisnis ini bisa memiliki usaha sendiri tanpa harus memulainya dari nol. Jadi, peluang usaha di bidang pendidikan memang sangat potensial.

4. Bisnis di Bidang Otomotif
Perkembangan dunia otomotif di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Lihat saja jumlah sepeda motor dan mobil yang semakin banyak, tentunya ini bisa menjadi salah satu peluang usaha bagi mereka yang jeli memanfaatkannya. Bisnis otomotif tidak harus besar, yang penting hasilnya menguntungkan dan jangka panjang.

Beberapa usaha yang bisa dimanfaatkan di bidang otomotif adalah jasa bengkel dan spare part, jasa cuci motor/mobil, menjual perlengkapan kendaraan bermotor, dan masih banyak lagi. Banyak sekali ceruk di bisnis otomotif yang bisa kita manfaatkan, misalnya menjual helm sepeda motor. Bagi sebagian orang mungkin jualan helm itu biasa saja, namun bagi mereka yang jeli pasti akan bisa mendapatkan keuntungan besar hanya dari berjualan helm sepeda motor.

5. Bisnis UKM di Bidang Agrobisnis
Negara kita terkenal dengan berbagai tanaman yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan dan kebutuhan lainnya, mulai dari beras, aneka sayuran, aneka buah-buahan, dan tanaman penting lainnya. Kebutuhan akan bahan pangan dan nutrisi nabati tentunya membuat bisnis UKM agrobisnis di bidang pertanian akan terus dibutuhkan masyarakat Indonesia, bahkan kita bisa mengekspor ke luar negeri.

Bisnis UKM di bidang Agrobisnis lainnya adalah peternakan. Seperti kita ketahui, protein hewani adalah salah satu kebutuhan pokok manusia, itulah sebabnya mengapa bisnis peternakan akan selalu dibutuhkan. Sayangnya, walaupun usaha agrobisnis peternakan telah menelurkan banyak miliuner sukses di Indonesia, belum banyak pengusaha muda yang menggeluti bidang ini karena dianggap kolot dan hanya cocok untuk masyarakat pedesaan.

6. Bisnis di Bidang Teknologi Internet
Bukan rahasia lagi bahwa internet memberikan banyak sekali peluang usaha bagi kita. Bukan hanya pada mereka yang telah memiliki bisnis REAL, tapi juga pada mereka yang belum memiliki bisnis. Yang saya maksudkan di sini adalah bisnis internet yang memang khusus dibangun untuk bisnis internet jangka panjang, atau biasanya disebut dengan startups bisnis.

Ada banyak jenis startup yang ada di Indonesia, mulai dari startup di bidang eCommerce, media online, aplikasi, dan lain-lain. Salah satu startup bisnis yang unik adalah komik digital Si Juki yang menawarkan konten segar dan lucu bagi para pembacanya. Startup Indonesia lainnya yang cukup populer adalah Buka Lapak, yaitu situs ecommerce yang mempelopori keamanan transaksi online. Masih banyak startup lainnya yang sedang berkembang di Indonesia, ini membuktikan bahwa pasar online merupakan pasar yang sangat potensial.

7. Usaha Kecil di Bidang Jasa
Ada berbagai macam jenis usaha kecil dibidang jasa. Sepertinya dalam usaha ini Anda memang harus memiliki keahlian maupun wawasan luas tergantung pada jasa yang ditawarkan. Sebagai contoh ada usaha jasa yang berhubungan dengan birokrasi seperti pengurusan surat-surat kendaraan, surat ijin mengemudi, surat ijin usaha, dan pengurusan dokumen penting lainnya.

Sepertinya usaha ini cocok bagi Anda yang memiliki wawasan luas dalam bidang hukum. Bidang jasa lainnya adalah yang berhubungan dengan IT seperti jasa pembuatan website, jasa SEO, desain grafis, pembuatan program komputer dan lain-lain.

Bidang jasa IT cocok dilakukan bagi Anda yang menguasai bidang ini. Bisa juga usaha kecil jasa perbaikan komputer, laptop dan perangkat lain. Selain itu, usaha jasa pengiriman semacam menjadi agen juga sepertinya banyak diminati mengingat banyak perusahaan ekspedisi yang sanggup memfasilitasi.

8. Usaha Kecil Jual Beli
Usaha kecil jual beli? Mungkin ini adalah salah satu bisnis yang  cukup banyak diminati pula. Ada banyak sekali jenis produk yang memang cukup laku untuk dijual seperti ponsel, kendaraan pribadi (roda dua/roda empat), komputer, kamera, bahkan sampai hewan peliharaan. Dalam jenis usaha ini tidak diharuskan membuka toko khusus dengan lokasi strategis karena bisa juga dilakukan dirumah, baik secara offline ataupun memasarkan secara online agar bisnis Anda tersebut lebih dikenal luas.

Peluang Bisnis Menjanjikan Di Tahun 2016 

Berbicara peluang usaha ditahun 2016, pastinya ada perkembangan dari tahun ketahun, seperti halnya usaha ditahun 2016. Namun, dari jenis usaha tidak ada perbedaan yang mencolok dengan tahun 2015 atau tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun 2016 sepertinya peluang bisnis yang dipandang cerah adalah bisnis yang masih berbasis teknologi canggih seperti bisnis online. Selain bisnis online ada juga peluang bisnis lainnya yang tidak kalah menjanjikan yaitu seperti bisnis waralaba. 

Peluang usaha waralaba juga masih merupakan bisnis yang menjanjikan di tahun 2016 dan memiliki prospek bagus dari tahun ketahun. Konsep usaha waralaba sangat cocok dijalankan oleh pebisnis pemula, karena lebih banyak menguntungkan. 

Di artikel berikut ini kami membahas tentang usaha waralaba lebih lengkap. Sepertinya usaha waralaba semakin berkembang ditahun 2016 dengan konsep-konsep usaha lebih unik dan menarik.
Selain itu, beberapa bisnis musiman juga mempunyai prospek yang cukup bagus walaupun tidak dapat dikerjakan sepanjang tahun.


Satu hal yang harus kami katakan bahwa “setiap usaha pasti ada hambatan dan tantangannya masing-masing. Jadi tetap fokus pada tujuan, jangan fokus pada hambatan”. Ingat, orang kaya atau sukses lebih fokus pada peluang, sedangkan orang miskin lebih fokus pada hambatan. 

So, Anda mau pilih yang mana?
Seperti yang sudah dibahas diatas, salah satu peluang bisnis 2016 yang menjanjikan adalah bisnis online atau bisnis offline yang menggunakan pemasaran internet marketing . Bisnis online ini tidak akan pernah habisnya. Selain itu ada beberapa peluang bisnis 2016 lainnya yang tidak kalah menjanjikan. Berikut ini adalah beberapa jenis bisnis yang menjanjikan ditahun 2016 :

1. Bisnis Online
Peluang bisnis online masih menjadi primadona yang semakin marak dilakukan dengan semakin meluasnya jaringan internet di berbagai pelosok daerah. Hanya dengan modal sambungan internet bisnis online ini dapat dilakukan kapan dan dimana pun bahkan dengan smartphone yang mempunyai sambungan internet.

Bisnis-bisnis yang berhubungan dengan bisnis online adalah internet marketer atau online shop, affliate, dropshipper, Forex marketing, PPC (pay per click) atas iklan yang diklik oleh pengunjung pada blog Anda, atau memanfaatkan Youtube untuk mengunggah video Anda dan mendapatkan penghasilan dari iklan yang ditayangkan pada video tersebut.

Masih penasaran bagaimana cara mendapatkan uang dari internet?
Dan bisnis online merupakan salah satu peluang usaha 2016 yang mempunyai prospek sangat bagus bahkan untuk tahun-tahun selanjutnya. Selain bisnis online, masih banyak lagi bisnis lainnya yang tidak kalah menjanjikan seperti, Franchise (waralaba).


2. Franchise (waralaba)
Waralaba merupakan salah satu peluang bisnis 2016 yang mempunyai prospek sangat menjanjikan. Usaha waralaba semakin banyak dilirik para pebisnis, karena usaha ini sangat cocok dijalankan dimanapun khususnya oleh pebisnis pemula yang minim pengalaman dan skill tentang usaha tersebut. Jika ingin memulai usaha waralaba, sebaiknya carilah waralaba yang sudah bermerk terkenal.
Tentu Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis ini karena tinggal menduplikasi konsep bisnisnya yang telah teruji.  Apalagi sebagai pemegang merk dari produk inovasi yang Anda ciptakan, maka Anda akan berpeluang untuk mendapatkan kesuksesan besar. 

Mungkin Anda bisa memilih usaha waralaba makanan, sebab salah satu usaha waralaba yang menjanjikan ditahun 2016 adalah waralaba makanan. Sangat banyak sekali bisnis kuliner dengan sistem waralaba yang bisa dijalankan. Bisnis kuliner yang dimaksud adalah jualan frozeen food atau makanan olahan beku. 

Keuntungan dari bisnis ini adalah proses pemasaranya bisa dijalankan secara online maupun offline. Jika Anda bisa menjalankan bisnis ini secara online maka kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang besar akan terbuka lebar.

3. Bisnis Musiman
Bisnis musiman ini memang tidak dapat dikerjakan sepanjang tahun melainkan hanya dalam kurun waktu tertentu saja. Salah satu ide usahanya adalah berjualan gamis dan jilbab lebaran yang tengah menjadi trend, memasarkan kue-kue kering lebaran ataupun natal, berjualan jersey saat musim piala dunia, dan lain-lain. Peluang bisnis musiman ini mempunyai prospek yang sangat bagus dan bisa menghasilkan keuntungan sangat besar apabila Anda pintar dalam menangkap peluang usaha ini.
Nah, demikianlah inspirasi peluang bisnis yang menjanjikan di tahun 2016 dan prospeknya. Sebelum anda memulainya sebaiknya perhitungkan dulu untung, ruginya dan berapa modal yang dibutuhkan. Agar bisnis anda berhasil, sebaiknya buatlah produk yang unik dan cara pemasaran yang kreatif.

Peluang Bisnis di Internet Tanpa Modal 2016

Anda mencari peluang bisnis di internet tanpa modal sama sekali? Ini tentunya agak mustahil memang, dalam dunia bisnis setidaknya dibutuhkan modal skill, jika tidak membutuhkan modal uang. Maka Jika Anda memang mencari peluang usaha di internet yang tanpa modal sama sekali? Anda akan kecewa berat. Apapun bisnisnya modal utamanya adalah skil dan kreatifitas dalam berbisnis. Namun, Jika Anda mencari peluang bisnis di internet tanpa modal skil, atau peluang bisnis di internet tanpa modal uang, tentunya Anda akan menemukannya disini.

Menjadi Penulis Konten Blog Freelace
Menjadi Penulis Freelance merupakan salah satu peluang usaha di internet yang hanya membutuhkan modal sebuah PC/ laptop dan koneksi internet, keahlian merangkai kata dan menulis sebuah artikel yang bermanfaat akan membuat Anda  menjadi penulis freelance professional. Bayaran Penulis Freelance rata-rata adalah antara Rp. 5.000,- s/d Rp. 10.000,- per 200 kata nya, tergantung dimana Anda menjadi penulis freelance dan seberapa bagus kualitas tulisan Anda. Semakin bagus tulisan Anda maka akan semakin bagus juga bayaran akan jasa penulisan artikel yang Anda berikan. Nah, Anda berminat untuk menjadi penulis artikel online? Ingin mendapatkan uang dari internet tanpa modal?

Saat ini ada banyak sekali provider atau perusahaan penyedia Jasa Penulisan Artikel yang ada di internet, salah satunya adalah ContentWritter.Com, perusahaan yang satu ini sudah menggeluti bisnis jasa penulisan artikel sejak 4 tahun yang lalu, dan saat ini kabarnya sudah mempekerjakan lebih dari 20 orang penulis artikel freelance setiap bulannya, dan fee atau bayaran penulis artikel yang mereka berikan tidaklah sedikit, jika berminat bergabung, Anda bisa mengirimkan lamaran kepada pihak mereka.

Jadi Reseller Barang Online
Jual Beli Online kini semakin gencar dilakukan masyarakat Indonesia, kenapa tidak? Bisnis online menghemat banyak sekali biaya yang seharusnya mereka keluarkan jika menjual barang secara offline. Nah, peluang usaha di internet yang satu ini termasuk kepada peluang bisnis di internet tanpa modal, karena anda bisa membeli barang secara online dan menjualnya kembali di tempat anda. Keuntungan yang didapatkan bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta setiap bulannya, tergantung bagaimana cara anda menjual dan bagaimana cara anda mempromosikan produk dari suplier Anda.

Jual Produk Unik di Daerah Anda
Ini merupakan salah satu bisnis di internet yang tidak membutuhkan modal uang, kenapa kami mengatakan demikian? Peluang Bisnis di Internet tanpa modal yang satu ini hanya membutuhkan kreatifitas anda. Setiap daerah, rata-rata memiliki produk khas yang unik. Nah, itu bisa dijadikan sebagai sebuah peluang bisnis di internet tanpa modal.

Jadi Tukang Posting Artikel Blog
Selain penulis artikel, rata-rata pemilik blog yang berbisnis di internet juga membutuhkan jasa posting artikel, untuk memasukkan artikel ke blog-blog mereka. Rata-rata bayaran untuk sebuah postingan artikel adalah antara Rp. 1.000,- s/d Rp. 5.000,- per postingan. Anda bisa mencari peluang bisnis di internet tanpa modal yang satu ini di forum-forum internet marketing.

Nah, itulah dia beberapa peluang bisnis di internet saat ini yang bisa Anda jalankan, peluang bisnis di internet tanpa modal uang sama sekali, namun peluang bisnis di internet tanpa modal tersebut tentunya tetap membutuhkan modal skil Anda. Tanpa skil tidak ada yang bisa dijadikan bisnis. Percaya tidak percaya, sampai kelubang semutpun Anda mencari, tak kan pernah ada peluang bisnis di internet tanpa modal uang dan skil, butuh salah satu dari keduanya.

Peluang Usaha Makanan Ringan yang Berkembang Pesat

Peluang usaha makanan ringan memang menjadi pilihan tepat sebagai peluang usaha yang bisa Anda jalankan. Makanan ringan atau camilan sendiri memang tampak jelas menjadi salah satu kuliner yang sudah menjamur di wilayah Indonesia. Dan peluang usaha makanan ringan sendiri masih saja tetap ada dan sangat banyak sekali orang yang masih ingin membukanya.

Usaha makanan ringan juga menjadi usaha yang sangat menjanjikan untuk kedepannya. Karena makanan ringan sendiri sering digunakan sebagai camilan saat bersantai, menonton tv, begadang, nonton bioskop, saat belajar atau aktivitas lainnya. Namun jika Anda hanya melihat saja tanpa harus melakukan memang akan meragukan. Untuk itu Anda bisa mencoba dna menjalankan usaha tersebut sebagai peluang usaha Anda.

Sebenarnya peluang usaha makanan ringan ini sangat bisa membuat Anda maju dan berkembang dengan hasilnya yang lumayan besar. Bahkan jika Anda pintar dan mampu mengkreasikan jenis makanan ringan ini maka Anda akan semakin maju dan sukses. Memilih makanan ringan sebagai peluang usaha sebenarnya merupakan pilihan yang tepat.


Dan jika anda mampu mengubah dan merubah makanan ringan ini menjadi suatu jenis makanan yang unik, enak dan menarik siapa sih orang yang tidak berkunjung untuk mencicipi dan memborongnya? Untuk itu, agar memudahkan anda dalam memilih usaha dan jenis makanan ringan apa yang bagus untuk anda kembangkan, tetapi sebaiknya buatlah persiapan yang matang, perencanaan serta lakukan beberapa riset dan analisa pasar untuk mengetahui camilan apa yang memiliki permintaan pasar cukup tinggi tetapi produsennya terbatas.

Kunci Sukses Seorang Pemula dalam Bisnis Makanan Ringan
Bisnis makanan ringan memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik. Kebanyakan pengusaha sukses makanan ringan merupakan pengusaha yang sudah lama berjualan dan memiliki pelanggan tetap, ditambah makanan ringan yang dipasarkan sangat inovatif serta rasanya enak karena kunci utama bagi para pemula dalam bisnis makanan ringan adalah kreatif dan inovatif. Ada banyak hal yang mempengaruhi kesuksesan seorang pemula dalam bisnis makanan ringan, diantaranya:

a) Makanan Ringan Mempunyai Kualitas Bagus
Makanan ringan yang akan dijual harus memiliki kualitas yang bagus, baik dari segi bahan yang digunakan, segi pengolahan maupun segi pengemasan. Bahan yang digunakan haruslah bahan yang higienis dan tidak mengandung zat yang berbahaya. Cara pengolahannya harus sesuai aturan, misalnya goreng lah camilan dengan minyak yang berkualitas dan diganti secara berkala. Kemudian kemaslah makanan ringan yang sudah digoreng dengan menggunakan kemasan yang baik dan menarik.

b) Harus Penuh Inovasi Baik Dalam Produk Maupun Cara Pemasarannya
Pemenang bisnis makanan ringan merupakan pengusaha yang selalu berinovasi tinggi untuk menciptakan makanan ringan yang berbeda, sehingga produk tersebut lebih mudah dicari dan dibedakan oleh konsumen. Jadi tidak masalah produk yang dijual sudah ada di pasaran, asalkan produk yang dijual tersebut berbeda secara inovasi dengan produk yang sudah beredar.

c) Ciptakan “Relationship” dengan pelanggan untuk menjaga loyalitas
Layani pelanggan dengan sangat baik dan bijaksana, tidak peduli  Anda kenal atau tidak dengan pelanggan tersebut. Ciptakan kesan yang mendalam kepada pelanggan, dengan senyum dan sapa bukan hanya sekedar kata-kata, sehingga pelanggan dengan senang hati akan berkunjung kembali. Selain itu manfaatkan media sosial untuk membranding makanan ringan yang dijual untuk menciptakan hubungan yang dekat dengan pelanggan, sebab hal ini akan memberikan dampak positif, seperti iklan gratis dari mulut ke mulut pelanggan. Iklan dari mulut ke mulut terbukti sangat efektif untuk menjaring pelanggan lain serta meningkatkan penjualan.

d) Strategi Penjualan yang Cocok dengan Segmen Pasar yang Diincar
Strategi penjualan yang bagus akan mempengaruhi perkembangan usaha kedepannya, karena itu sebagai pemula bisnis makanan ringan, Anda harus bisa membangun strategi penjualan yang tepat serta mampu membaca pasar untuk meningkatkan penjualan. Seperti: memberi diskon, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan sampel produk secara gratis kepada masyarakat di area yang menjadi pangsa pasar.

e) Visioner, Think Big, Think Positif
Selalu berfikir ke depan dan menyeluruh serta berpikiran positif harus ditanamkan dalam jiwa dan pikiran pebisnis. Dalam menjalankan bisnis dituntut untuk melayani pelanggan dengan sangat baik. Sehingga pikiran yang jernih akan membantu berfikir kedepan dengan tenang. Jauhkan pikiran sempit dan negatif karena apa yang dipikirkan dapat menjadi kenyataan, sehingga sangat penting untuk selalu berpikir secara positif.

Setelah Anda mengetahui kunci sukses berbisnis makanan ringan, kini saatnya  Anda mencari ide usaha makanan ringan apa saja yang bisa Anda lakukan. Simak uraian lengkap berikut ini:

Singkong Keju
Jenis usaha ini mungkin masih jarang yang menjalankannya namun bukan berarti peminat makanan ringan ini sedikit. Pelanggan singkong keju ini lumayan banyak dan dapat dijadikan sebagai ladang bisnis, karena bahan yang simple dan proses pembuatannya cukup sederhana. Anda bisa membuat berbagai variasi rasa seperti, singkong keju pedas, singkong keju cokelat, ataupun singkong keju variasi Anda sendiri. 

Popcorn ( Brondong Jagung)
Usaha camilan ini pastinya anda sudah tahu bukan? Ya camilan yang sering sekali berada dalam bioskop atau di jual di bioskop ini memang sangat laris sekali. Dengan aneka rasa yang mampu membius para konsumen untuk tetap menjajal dan menikmati setiap kali menonton walaupun harga yang dibandrol juga bisa terbilang mahal. Namun camilan ini masih saja diburu dan tetap membius para penonton yang akan menonton bioskop.

Gorengan
Gorengan merupakan makanan ringan yang tidak ada matinya dan selalu diminati oleh semua orang. Adapun untuk jenis atau macam gorengan apa yang dijual, antara lain: tempe goreng, tahu, pisang goreng, resoles, cireng, pisang molen, dan masih banyak lagi contoh gorengan yang lain.

Tela Tela
Nah selain popcorn, peluang usaha makanan ringan yang sering diburu dan menjamur adalah tela tela. Dengan keahlian para ahli boga kini, tela-tela bisa dikreasikan dan di olah dengan jenis makanan yang unik dan memiliki cita rasa yang berbeda-beda.

Tahu Kremes
Tahu kremes merupakan tahu yang di luarnya dilapisi tepung garing, tahu ini memiliki banyak sebutan, seperti: tahu kress, jeletot, goyang lidah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tahu ini merupakan jenis makanan ringan yang banyak disukai, mulai anak-anak sampai dewasa, sehingga tahu merupakan salah satu bisnis yang memiliki prospek usaha yang sangat bagus.

Emping Jagung
Berbeda lagi dengan jenis camilan yang satu ini. Siapa yang tidak kenal emping jagung? Bentuk kripik yang imut dengan cita rasa yang berbeda ini akan mampu membuat lidah anda tidak mau berhenti untuk bergoyang. Emping jagung yang digoreng, anda bisa mengkreasikan rasa emping dengan cita rasa yang berbeda dan sesuai dengan kesukaan anda.

Jualan Aneka Pepes
Pepes merupakan makanan tradisional yang terbuat dari beraneka bahan, seperti ikan laut yang dibungkus dengan daun pisang, kemudian dipanggang atau dikukus. Saat ini pepes banyak dijual di restoran dan warung makan. Bagi Anda yang ingin mencoba bisnis ini, Anda dapat menjual pepes dengan kemasan yang menarik untuk menarik konsumen.

Keripik Tempe
Nah kalau makanan yang satu ini memang selalu menjadi idola, keripik tempe namanya. Tempe yang biasa diolah sebagai lauk, kini bisa diolah dengan kreasi yang unik dan diberi rasa yang sangat menendang. Tempe yang di iris tipis-tipis kemudian di goreng bisa anda jadikan camilan untuk anda bersantai. Bahkan untuk rasanya yang lebih nendang, anda bisa mencampurkan cita rasa yang berbeda-beda sesuai dengan keinginan anda.

Usaha Kedai Kopi
Kopi merupakan minuman favorit sebagian besar masyarakat Indonesia, yang telah berkembang pesat, sehingga terdapat banyak jenis minuman kopi, misalnya saja kopi luwak yang terkenal enak dan memiliki cita rasa khas. Usaha ini membutuhkan modal yang kecil, tergantung besar kecilnya usaha, seperti: angkringan, warung kopi, atau café. Contoh untuk usaha angkringan, bisnis ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, namun memiliki prospek yang cukup bagus, sehingga tidak mengherankan kini banyak tumbuh angkringan baru.

Kacang Atom
Makanan ringan yang satu ini memang memiliki cita rasa yang dahsyat dan enak digunakan sebagai camilan saat bersantai. Camilan kacang yang dibuat dengan tepung dan memiliki cita rasa yang berbeda-beda bisa anda jadikan pilihan untuk menemani anda saat bersantai.

Usaha Aneka Minuman Dingin
Minuman dingin merupakan jenis minuman yang banyak disukai orang, seperti ice cream, puding, es teh, es susu, dan masih banyak lagi. Usaha ini sangat cocok dilakukan pada siang hari, didaerah yang panas, baik di sekitar taman maupun sepanjang jalan. Konsumen minuman dingin membidik semua umur, mulai anak kecil hingga orang tua, baik laki-laki maupun perempuan, sehingga bisnis ini memiliki prospek yang sangat cerah.

Keriping Singkong
Keriping singkong juga bisa anda jadikan peluang usaha makanan ringan yang mampu berhasil dan berkembang dengan pesat. Singkong yang di iris tipis-tipis kemudian digoreng ini bisa anda tambahkan rasa sesuai dengan keinginan para konsumen.

Jualan Bubur Kacang Hijau
Bisnis satu ini memang tidak harus memiliki keterampilan khusus. Membuat jus sangat mudah, bahkan untuk variasinya banyak terdapat di internet. Jika Anda tertarik untuk membuka usaha ini, waktu yang efektif untuk menjual jus adalah antara siang hingga sore hari, karena pada malam hari konsumen jus akan berkurang.

Stik
Kalau camilan yang satu ini memang memiliki tekstur bentuk yang lucu dengan rasa yang sangat dahsyat pedasnya. Stik adalah camilan yang bentuknya hampir menyerupai lidi, namun camilan ini sangat disukai dan diminati oleh para konsumennya. Bahkan rasa pedasnya mampu membius dan membuat konsumennya selalu ketagihan dan ingin menjajal lagi dan lagi.

Usaha Roti Bakar
Saat ini sudah banyak orang yang menggeluti bisnis roti bakar. Bisnis ini dapat dijalankan dengan modal kecil, sedangkan lokasi untuk berjualan dapat di pinggir jalan, kedai, taman, dan tempat keramaian lain. Jenis usaha roti bakar ini ada banyak sekali, seperti: roti tawar yang di bakar, kemudian diolesi keju, dibakar lagi, dan terakhir ditumpuk menjadi 1, lalu diberi coklat di bagian tengah atau susu dan ceress, serta selai rasa lainnya sesuai dengan selera konsumen.

Cara Promosi Dalam Usaha Makanan Ringan

Memanfaatkan peristiwa tertentu yang mengundang keramaian
Promosi di tempat yang ramai biasanya akan lebih efektif dibanding situasi yang lebih sepi. Caranya Anda dapat mengunjungi serta berpartisipasi sebagai pengisi booth di bazaar, pasar malam, eksibisi, dan momen lainnya. Anda juga dapat membuat paket promo spesial untuk menarik para calon konsumen.

Membuat selebaran dan sebarkan 
Salah satu strategi ampuh dalam promosi usaha makanan ringan adalah memberitahu kepada calon konsumen yang potensial. Caranya adalah dengan membuat selebaran yang dibagikan ke tempat yang menurut Anda cukup potensial. Seperti kampus, tempat wisata, atau tempat ramai lainnya. Dengan tampilan yang unik disertai gambar tentang produk Anda tentu dapat menarik calon konsumen dengan mudah.

Jangan Takut Mencoba
Apapun bisnis yang Anda pilih akan selalu ada tantangan saat  memulainya, jadi jangan pernah takut mencoba. Karena tidak sedikit pelaku usaha di bidang kuliner yang akhirnya sukses, meskipun awalnya tidak memiliki keterampilan khusus dan latar belakang di bidang kuliner. Namun mereka nekat terjun ke dalam bisnis ini karena mengetahui peluang usaha di bidang kuliner cukup menggiurkan. Jadi jangan pernah takut mencoba ya teman cermat, karena akan selalu ada yang pertama untuk setiap hal baru.

Model Bisnis Menjanjikan Di Masa Depan

Untuk mengetahui prospek usaha yang menjanjikan di masa depan bukalah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Analisa data ditahun sebelumnya, ageda pemerintah dan juga kondisi perekonomian secara global dan nasional merupakan bahan pertimbangan penting yang harus kamu ketahui
Apalagi tahun depan akan diberlakukanya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) tentu ini harus menjadi pertimbangan bagi kamu yang mau membuka bisnis. Yang paling bagus adalah menyiapkan bisnis yang berhubungan dengan bidang yang kamu kuasai.

Dengan membuka bisnis sesuai dengan hobi akan membuat kamu lebih kreatif sehingga mampu untuk bersaing dengan kompetitor. Jika MEA sudah berjalan di Indonesia persaingan usaha akan lebih berat lagi, karena kompetitor bukan hanya dari dalam negeri tapi juga luar negeri. Oleh karena itu dalam menjalankan usaha dituntut kreatifitas, inovsi dan kerja keras.

Prospek Usaha Kecil yang Menjanjikan
Bagi pemula dalam bisnis ada baiknya untuk segera mulai membuka usaha yang sudah dipilih. Karena jika kamu tidak mulai sekarang juga mungkin tahun depan peluang itu akan tertutup karena bnyaknya orang asing yang membuka usaha di Indonesia. Berikut ini saya akan membahas beberapa peluang usaha yang memiliki prospek menjanjikan yang bisa kamu jalankan.

Usaha bidang otomotif
Semakin berkembangnya peradapan, semakin berkembang juga kebutuhan manusia. Di Indonesia sendiri perkembangan otomotif mengalami perkembangan yang sangat pesat. Lihat saja kendaraan bermotor semakin banyak, apalagi saat ini banyak kemudahan yang ditawarkan untuk memiliki kendaraan bermotor.

Tentu hal ini bisa menjadi peluang yang bisa kamu ambil untuk di jadikan peluang usaha. Usaha dalam bidang otomotif tidak harus langsung besar yang penting menguntungkan dan jangka panjang. Beberapa jenis peluang usaha dalam bidang otomotif diantaranya jasa bengkel, menyediakan spare part, jasa cuci motor/mobil, menyediakan berbagai perlengkapan kendaraan bermotor, dan masih banyak lagi yang lainya.

Banyak sekali ceruk di bisnis otomotif yang bisa kamu manfaatkan misalnya jualan penutup sepeda motor. Bagi sebagian orang jualan penutup motor mungkin biasa saja, tapi bila kamu bisa memaksimalkan peluang ini, kamu akan mendapatkan keuntungan yang besar. Hal ini dikarenakan masih sedikitnya pesaing yang menjual penutup motor.

Usaha bidang kuliner
Bisnis kuliner merupakan usaha yang tidak ada matinya, karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa lepas dari kita. Tapi untuk bisa bertahan dalam bisnis kuliner diperlukan kreatifitas dan inovasi secara terus menurus. Semakin banyak kreatifitas dan ide tentang kuliner yang kamu punyai, akan semakin banyak juga pelanggan yang selalu penasaran dengan menu kuliner yang kamu sajikan.

Apalagi bila menu makanan yang ada sajikan memiliki rasa yang nikmat, nama bisnis kamu akan menyebar dengan sendirinya. Bisnis kuliner sendiri memiliki beberapa kategori, mulai dari makanan ringan, minuman atau makanan pokok. Semua kategori bisnis kuliner ini (makanan ringan, minuman atau makanan pokok) memiliki prospek yang bagus, tergantung bagaimana kamu mengemasnya.

Usaha bisang fashion
Sama dengan bisnis kuliner, bisnis fashion (pakaian) adalah jenis bisnis yang memiliki potensi untuk selalu dicari oleh banyak orang. Alasanya karena pakaian merupakan kebutuhan primer bagi manusia, dan manusia sekarang mempunyai banyak sekali keinginan untuk model pakaianya.
Bisnis fashion memiliki banyak sekali kategori produk. Misalnya seperti kategori pakaian pria atau wanita, pakaian busana musli, pakaian model korea dan masih banyak lagi. Atau kamu bisa memanfaatkan ceruk dalam bisnis fashion seperti pakaian anak atau bayi.

Jika kamu belum berani mengambil resiko untuk langsung membuka bisnis fashion ini, kamu bisa menjadi drosip dari suplier fashion yang menawarkan sistem dropship, sehingga kita cukup mengeluarkan modal relatif kecil untuk memulai bisnis ini.

Bisnis di bidang teknologi internet
Bukan rahasia lagi bila internet memberikan banyak peluang bisnis bagi kita. Bukan hanya bagi mereka yang telah memiliki usaha yang mapan, tapi bagi mereka yang belum mempunyai bisnis. Yang saya maksudkan di sini adalah benar-benar bisnis internet yang dibangun untuk jangka panjang atau biasa disebut startup bisnis.

Ada banyak sekali jenis startup di Indonesia. Seperti toko online, eCommerce, aplikasi, dan lain-lain. Salah satu startup yang cukup sukses di Indonesia adalah bukalapak.com,tokopedia.com dan masih banyak lagi yang lainya startup di Indonesia. Ini membuktikan bahwa pasar online merupakan usaha yang sangat potensial.

Bisnis bidang pendidikan
Pendidikan merupakan modal yang sangat penting bagi perkembangan setiap bangsa. Boleh dibilang bangsa yang memperhatikan kualitas pendidikan adalah bangsa yang maju di segala lini. Nah karena begitu pentingnya pendidikan bagi sebuah bangsa, dan masih minimnya sarana yang ada di Indonesia merupakan peluang usaha yang bisa diambil bagi mereka yang memiliki keahlian dalam bidang pendidikan.

Ada banyak sekali kategori dalam bisnis pendidikan yang bisa kamu manfaatkan. Bebrapa contoh usaha yang bisa dibuka seperti jasa les mata pelajaran tertentu, membuka PAUD ataupun TK. Itulah beberapa prospek usaha yang menjanjikan. Pilihlah bidang yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

 

 

0 komentar:

Posting Komentar