Posted by Multirental
Posted on 21.15
with No comments
Usaha Minuman Kemasan Raih Keuntungan Menggiurkan
Sekarang
ini bisnis minuman dalam kemasan baik itu gelas maupun botol banyak di
dominasi oleh industri berskala besar. Tentunya kita sering perhatikan
di swalayan dan mini market banyak terdapat berbagai macam merk dengan
rasa-rasa yang beragam dari teh manis,sari buah,susu hingga minuman
berenergi.
Lalu bisakah jika kita hendak menjalankan usaha minuman
kemasan ini dengan skala rumahan yang tidak membutuhkan modal yang
besar ? tentu saja sangat bisa, apalagi sekarang peluang usaha bidang
ini sedang berpotensi cukup besar karena dilihat dari segi
keperaktisannya untuk di konsumsi masyarakat.
Di Mulai Dari Usaha Kecil kecilan
Bisa
kita lihat mulai banyak juga yang sudah menjalankan usaha ini dan cukup
banyak yang bisa meraih kesuksesan, seperti mengemas minuman yogurt
dalam cup gelas, jus buah, jus apel, dan sebagainya. Produk mereka cukup
diminati masyarakat meski skalanya tidak tersebar secara luas seperti
produk industri besar.
Sebagai contoh ada seorang ibu dari
Semarang yang memiliki ide mengemas minuman jus buah seperti
jambu,sirsak dan strawberry dengan botol bersegel, umumnya minuman ini
di jual dengan menggunakan grobak atau booth di pinggir jalan. ibu ini
bernama Hastari yang memulai bisnisnya di tahun 2010 dengan modal 7
juta, hingga kini sudah mampu memproduksi 400 botol minuman jus dalam
kemasan, Dari satu botol beliau jual dengan harga 10 ribu rupiah hingga
ada yang berharga 23 ribu karena menggunakan kemasan botol besar. Dari
bisnis ini ibu Hastari berhasil membukukan omset ratusan juta
perbulannya.
Contoh selanjutnya adalah seperti yang dikalukan
Ratna Apriyati dan Khemal Nugroho mahasiswa lulusan Fakultas Teknologi
dan Industri Pangan Universitas Padjadjaran Bandung. Mereka membuat
minuman berupa sari buah mangga sebagai penunjang gaya hidup sehat yang
kini masyarakat kita banyak menerapkannya, melihat tren yang sedang
berkembang ini mereka berinisiatif membuat sari buah dalam kemasan agar
praktis di konsumsi. Dengan produk berlabel “Fruters” mereka mencoba
tawarkan kepada sesama rekan-rekannya, dan minuman ini pun mendapatkan
sambutan yang positif hingga terus berkembang dengan memperluas pasar.
Agar
didapat rasa minuman yang khas mereka membuatnya dari jenis mangga
gincu yang di datangkan dari kota Cirebon, Jawa Barat. Di awal usahanya
yang hanya dijalankan dengan modal 250 ribu, sebagian uangnya digunakan
untuk membeli mangga seberat 3Kg, kini konsumsi buah yang di perlukan
untuk bahan baku mencapai 8 Ton per 6 bulan, dan di produksi menjadi
minuman sari buah sebanyak 1000 kemasan per hari dengan harga jual 7500
hingga 25 ribu rupiah.
Tips Menjalankan Bisnis
Contoh
di atas adalah sebagai bukti bahwa minuman kemasan yang kita kenal
sebagai produksi perusahaan-perusahaan besar dapat di mulai dengan modal
yang tidak terlalu besar bahkan ada yang hanya memulainya dengan modal
ratusan ribu rupiah.
Maka dari itu jika anda memiliki ide membuat
minuman kemasan segera jalankan meski pada awalnya hanya beredar di
daerah sekitar terlebih dahulu, karena jika rasanya banyak di sukai
sedikit demi sedikit akan dapat berkembang lebih luas.
Sedikit
tips yang bisa di terapkan, hendaknya dalam membuat produk ini jangan
masuk ke pasar yang terlalu murah seperti di rentang harga 500 hingga
2000 rupiah, karena di pasaran ini banyak di huni oleh produk hasil
buatan industri besar, kita akan kesulitan dalam hal persaingan harga,
sebabnya mereka lebih unggul dari kapasitas produksi yang banyak.
Lebih
baik bermain di rentang harga menengah seperti yang dilakukan para
pengusaha yang di contohkan di atas, dan sebaiknya produk minuman kita
memiliki kelebihan yang tidak dimiliki merk lainnya, seperti misalnya
saja tanpa pengawet buatan, mempunyai beberapa khasiat jika di konsumsi
terlebih ke faktor kesehatan, atau bisa juga menarik perhatian konsumen
dengan kemasan unik yang di gunakan.
Tips Untuk Peluang Usaha Minuman
Ada beberapa tips agar bisnis minuman anda dihampiri banyak pelanggan, diantaranya:
Beri Ciri Khusus
Salah satu tips yang bisa anda coba adalah memberikan ciri khusus pada kios atau booth
anda. Untuk memberikan ciri khusus pada booth anda, pilihlah satu menu
yang menarik dan beri nama minuman yang kreatif sehingga dapat menarik
anak-anak remaja. Satu menu minuman yang menarik juga akan membuat orang
lebih ingat dengan booth anda.
Untuk kios, sebaiknya
anda coba mengecat dengan corak yang menarik. Anda juga bisa mencoba
mural untuk menarik lebih banyak pelanggan. Suasana yang segar dan
artistik akan menambah kenyamanan pelanggan dan usaha minuman anda akan
lebih diminati banyak orang.
Selalu Berinovasi
Untuk remaja yang di bangku sekolah, mereka cenderung mudah
jenuh dan ingin mencoba sesuatu yang baru. Anda bisa mensiasatinya
dengan selalu berinovasi membuat varian baru. Berilah nama yang menarik
seperti nama “gaul” untuk lebih menarik minat remaja. Tetapi, anda tetap
perlu memberikan menu minuman yang telah menjadi ciri khas kios atau booth anda.
Beri Snack pendamping
Agar kios minuman anda lebih lengkap, sebaiknya beri snack
pendamping. Ini untuk menyiasati pelanggan yang ingin tinggal lebih lama
dan ingin menikmati snack sambil beristirahat sejenak di kios anda.
Anda bisa memberikan roti, kacang goreng, atau snack-snack tradisional
lain. Sebaiknya jangan menjual makanan yeng berat agar ciri khas kios
anda sebagai penjual minuman tetap terjaga. Untuk hal ini, sebaiknya
anda memesan snack dari orang lain dan menjualnya di kios anda.
Pembuatan snack sendiri akan menyita waktu anda dan anda tidak dapat
fokus dalam penjualan minuman.
Beberapa tips diatas bisa
menunjuang peluang usaha minuman anda. Pastikan anda tertib dengan
keuangan anda. Rencanakan pengeluaran dan kebutuhan sebelum melakukan
pembelian. Untuk keseharian penjualan, perlu adanya buku pembukuan
sehingga anda bisa tahu pengeluaran dan pemasukan anda.
Usaha Minuman 2016 Dengan Modal Kecil Yang Menguntungkan
Jakarta Bubble Drink merupakan produsen bubuk minuman aneka rasa menjual segala kebutuhan usaha minuman bubble drink,
bubble tea, ice blended, milkshake powder. Menjual bubuk minuman aneka
rasa seperti Hazelnut, Blackforest, Cappucino, Coffee Caramel,
Mochacinno, Caramello, Choco Caramel, Choco MuffinRed Velvet, Green Tea,
Milk Tea, Thai Tea, Bubble Gum, Taro, Vanilla, Vanilla Latte, Vanilla Blue, Peppermint, Tiramisu, Creamy Chocolate dan aneka rasa minuman lainya.
Produk
bubuk / powder dari Jakarta Bubble Drink selain untuk aplikasi untuk
minuman, produk bubuk kami bisa juga digunakan aplikasi untuk membuat
kue, cake, bakery, pudding, selai jam dan lain-lain. Untuk Penyajian
untuk minuman, bisa disajikan minuman dingin dan minuman panas.
Jakarta
Bubble Drink Industri produsen yang memproduksi Powder Bubble Drink
telah banyak mensuplai powder untuk industri Usaha Kecil dan Menengah
(UKM) untuk kebutuhan Minuman Bubble Tea/Ice Bubble, bahan baku Ice
Cream, Cafe, Resto, Hotel dan lain sebagainya di seluruh wilayah
Indonesia.
Jakarta Bubble Drink hadir untuk memberikan solusi
untuk anda yang ingin mempunyai usaha yang bergerak di bisnis minuman
(khususnya) dengan harga yang terjangkau dan memiliki kualitas produk
yang tinggi sehingga Misi kedepan adalah agar produk Kami bisa sampai ke
Pelosok Tanah air dan bahkan produk Jakarta Bubble Drink telah di
eksport ke Negeri Jiran Kuala Lumpur Malaysia di awal pertengahan tahun
2014 ini.
Tim Jakarta Bubble Drink mempunyai pengalaman selama
hampir lebih 5 tahun dalam industri pembuatan powder minuman di dalam
dan luar negeri. Kualitas Produk bahan kami adalah hal yang utama untuk
Jakarta Bubble Drink. Jakarta Bubble Drink menggunakan bahan baku
Terbaik dari Indonesia dan beberapa mitra Negara-Negara Asia.
Produk Jakarta Bubble Drink Telah melewati lulus Uji Laboratorium DINAS KESEHATAN dan Telah Memiliki Sertifakat Halal MUI menjadikan satu satunya Powder Bubble Tea yang mempunyai Izin Sah untuk di Konsumsi.
Peluang Bisnis Waralaba Minuman Modal 2 Jutaan
Info Usaha Baru
Salah
satu peluang bisnis modal 5 juta yang menguntungkan saat ini adalah
menjalankan usaha di bidang minuman ringan. Hal ini disebabkan oleh
semakin berkembangnya bisnis jenis minuman mulai dari kelas kaki lima
sampai waralaba minuman
yang dijajakan di mall atau pusat perbelanjaan. Jika tidak percaya,
maka coba saja amati di pusat-pusat perbelanjaan seperti Carrefour,
Hypermart atau Giant maka dengan mudah akan ditemui semakin banyaknya
para pelaku franchise minuman ringan dengan aneka rasa dan tentunya
ditawarkan dengan harga lebih murah. Hal tersebut menjadi pertanda bahwa
usaha minuman dengan model franchise sangatlah menguntungkan baik buat
pemilik merek dagang atau pun juga para mitra yang ikut menjajakan jenis
minuman tertentu.
Potensi
pasar bisnis minuman ringan tersebut sangatlah besar dan mempunyai
prospek cukup bagus untuk beberapa tahun ke depan. Oleh karena itu, peluang usaha franchise makanan
dapat ditekuni oleh siapa saja, apakah itu seorang ibu rumah tangga,
karyawan atau bahkan mahasiswa yang mencari kerja sambilan di rumah buat
biaya kuliah dan sebagainya. Apalagi sekarang, telah bermunculan
minuman khas dari negara lain seperti Taiwan yang mulai merambah pasar
di Indonesia.
Peluang Bisnis Minuman Kopi | kiosusaha.com
Berdasarkan
survey, kopi adalah salah satu minuman yang paling digemari di seluruh
dunia dan umumnya dikonsumsi di pagi hari untuk menambah semangat kerja.
Apalagi di tanah air di setiap daerah mempunyai racikan kopi yang khas
dengan ragam kelezatan yang berbeda-beda, seperti kopi Aceh, kopi
Toraja, kopi Jawa, dan sebagainya. Beberapa penikmat kopi dengan
citarasa mancanegara seperti kopi latte, cappucino, espresso, hingga
kopi Vietnam atau yang lainnya juga secara teratur menyambangi café-café
langganan mereka. Dari kondisi tersebut tentu Anda sudah dapat
menyimpulkan bahwa peluang bisnis minuman kopi di negara kita ini masih sangat cerah dan memberikan kesempatan besar untuk meraih sukses.
Bagi Anda yang ingin mencoba berbisnis dalam bidang kuliner yang satu ini, berikut ini adalah beberapa tipsnya:
Tempat
Bagi
pemain pemula lokasi bisa menjadi strategi pemasaran yang paling
efisien agar konsumen mengenal dan tertarik dengan kedai Anda. Pilihan
lokasi yang direkomendasikan untuk warung kopi Anda adalah di dekat
tempat umum seperti malll, alun-alun atau taman kota, pasar, atau
perkantoran dan kampus. Jangan lalai menjaga kebersihan karena ini akan
menjadi poin plus di mata konsumen.
Masih berkaitan dengan tempat,
saat ini café-café dengan tema tertentu juga marak diserbu konsumen.
Untuk itu Anda bisa memilih satu tema yang cukup umum, bisa dinikmati
baik oleh pria maupun wanita dan sesuaikan dengan desain kedai kopi
Anda. dengan demikian pengunjung akan merasa semakin nyaman.
Strategi
Agar Anda bisa turut menikmati peluang bisnis minuman kopi
yang cerah, upayakan agar Anda mempunyai strategi bisnis yang cukup
paten. Hal ini berkaitan dengan produk, layanan, serta sistem yang Anda
terapkan dalam manajemen bisnis Anda.
Fasilitas tambahan
Agar pengunjung betah berlama-lama tinggal di café Anda, berikan
fasilitas tambahan seperti WiFi atau fasilitas nonton bareng pada musim
kompetisi piala dunia, balap Formula 1, atau MotoGP.
Promosi
Lakukan promosi sebagai bentuk branding dari usaha kuliner kedai
kopi Anda. Selain menggunakan cara-cara promosi konvensional seperti
brosur, pamflet, spanduk, banner, dan sejenisnya, manfaatkan pula sosial
media dan internet marketing. Facebook, Instagram, serta Twitter sudah
terbukti bisa menjadi sarana sukses dalam pemasaran beberapa bisnis
kuliner modern. Untuk itu rajinlah memposting produk baru, acara promo
atau diskon, juga acara-acara yang digelar di kedai kopi Anda.
Izin usaha
Selain berkonsentrasi untuk mewujudkan peluang bisnis minuman
kopi yang besar untuk bisa meraup keuntungan penting pula untuk mematuhi
aturan dalam membuka usaha. Untuk itu Anda juga harus mengurus izin
usaha kepada yang berwenang atas hal tersebut untuk memperoleh legalitas
perizinan.
Nah, semoga tips-tips peluang bisnis minuman kopi di atas bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda.
Mau tahu empat ide berbisnis di dunia kopi tanpa modal yang melilit pinggang? Berikut beberapa bisnis tersebut.
Berbisnis Cold Brew
Tren cold brew atau kopi seduh dingin yang sekarang sedang marak-maraknya bisa kamu manfaatkan dengan membuat brand cold brew kamu sendiri. Tak perlu kafe atau kedai kopi besar, yang kamu perlukan adalah kepiawaian menjual melalui social media marketing yang
sungguh sangat efektif. Modalnya? Kamu hanya memerlukan sebuah alat
seduh dingin yang harganya mulai dari dua ratus ribuan (seperti Hario Mizudashi Coffee Pot) hingga jutaan (Dutch Lab). Ada beberapa alat pembuat cold brew or cold drip yang bisa kamu pilih sesuai kantong dan kebutuhan. Beberapa pengusaha cold brew bahkan menggunakan alat seduh manual pour over untuk meracik kopinya. Selain alat seduhnya, kamu juga harus melakukan eksperimen dengan beberapa biji kopi yang sesuai dengan brand cold brew kamu.
Untuk urusan ini disarankan bertanya pada sang ahli. Jangan lupa
pikirkan botol dan kemasan menarik agar daya tarik masyarakat untuk
membeli menjadi semakin kuat. Bagaimana? Bisnis ini sama sekali tak
membutuhkan modal besar lho.
Penjual Biji Kopi
Untuk
bisnis yang satu ini sangat memungkinkan untuk tidak mengeluarkan modal
sama sekali. Yang kamu butuhkan hanyalah koneksi dengan roaster, pabrik
kopi dan petani kopi. Apa yang kamu perlukan? Yang kamu perlukan
hanyalah menjual kembali biji-biji kopi dari mereka ke berbagai orang
(bisa ke coffee shop atau perorangan). Tentunya kamu akan
mendapatkan untung yang lumayan karena kamu membeli bijinya dengan harga
yang lebih murah dari tangan pertama. Sebelum menjual yang kamu
perlukan adalah ketelitian memilih biji mana yang terbaik dan layak
jual. Jika memungkinkan kamu bisa saja me-rebrand kembali biji-biji kopi ini dengan brand kamu sendiri. Dengan begini kamu dengan mudah memiliki usaha jual-beli biji kopi dengan modal yang tentu saja ringan.
Kedai Kopi Manual
Meskipun
sederhana, bukan berarti kedai kopi yang akan kamu bangun ini tak
berkualitas. Kedai kopi tak melulu soal mesin espresso mahal, sofa-sofa
mewah dan sebuah tempat fancy yang modalnya ratusan juta
rupiah. Jika kamu benar-benar berniat membuat kedai kopi yang
berkualitas, kamu bisa membuat konsep kedai kopi dengan alat seduh
manual. Semua alat-alat kopi yang akan kamu gunakan di kedai kopimu
harganya tak ada yang mencekik leher. Untuk menghasilkan espresso, kamu
bisa membeli Rok Presso atau Bellman sebagai penggantinya. Tak memerlukan listrik, bukan? Selain itu sediakanlah manual brew lengkap seperti V60, Chemex, Aeropress dan
lain-lain. Kamu juga tak perlu menjual menu makanan berat karena kedai
kopimu benar-benar dikhususkan untuk menu kopi layaknya coffee shop specialty. See? Siapa bilang membangun kedai kopi itu melulu mahal?
Coffee Truk atau Gerobak Kopi
Di Indonesia sepertinya masih jarang gerobak kopi atau istilah kerennya coffee truck yang
menjajakan kopi dengan berkeliling dan nongkrong di pinggir jalan. Di
luar negeri sendiri (khususnya Eropa, Amerika dan Australia) hal ini
adalah hal yang lumrah. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan modal
ringan. Pertama tentukan dahulu menu kopi apa saja yang ingin kamu jual,
apakah hanya cold brew atau minuman kopi panas lainnya. Jika
sudah kamu tentukan saatnya membuat gerobak yang bisa dikemudikan dengan
motor ataupun sepeda. Buatlah desain yang semenarik mungkin dan
terlihat mencolok dari kejauhan. Bisa dipastikan bisnis coffee truck ini akan sangat menarik karena pelakunya masih sedikit.
Nah, inilah empat ide bisnis di dunia kopi dari kamu. Kira-kira kamu punya ide menarik lainnya tidak?
4 Bisnis Minuman Segar dan Unik, Wajib Dicicip dan Dijajal Peluangnya – Indonesian Youth Portal
Maraknya
bisnis kuliner kini semakin menjamur, tak terkecuali bisnis minuman
yang menyegarkan. Hal ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan dan
dapat dikembangkan di kemudian haro. Selain itu, menawarkan menu-menu
minuman yang segar dan memiliki potensi keuntungan bisnis yang tak kalah
dengan bisnis makanan.
Jenis varian yang beragam juga semakin digemari oleh konsumen, maka tidak jarang sering kita temui berbagai franchise
bisnis minuman disekitar kita. Secara tidak langsung, kesuksesan usaha
minuman juga dipengaruhi oleh usaha makanan, karena rasanya kurang
lengkap jika makanan tanpa minuman. Berikut beberapa bisnis minuman yang
sukses dengan kreasinya masing-masing.
Cotton Drops
Sejak
diluncurkan pada November 2014 lalu, Cotton Drops sukses jadi salah
satu minuman yang paling disukai di Jakarta. Gading Walk, Mall Kelapa
Gading, menjadi tempat yang dipilih saat pertama kali minuman unik ini
diluncurkan. Jika dibandingan dengan minuman lainnya, Cotton Drops ini
begitu digemari karena memang berbeda dan unik.
Salah satu pemilik
Cotton Drops, Joe Alexander mengatakan bahwa ide menciptakan Cotton
Drops ini pertama kali muncul saat dirinya dan Felix Timotius liburan ke
Korea Selatan awal tahun 2014. Sepulang dari liburan itu, ide tersebut
langsung dijalankan.
Berangkat dari rasa percaya diri, terciptalah
sebuah produk dengan tampilan yang unik dan ramuan aneka rasa yang
menarik pelanggan. Terdapat tiga jenis minuman yang ditawarkan Cotton
Drops, yakni flavor tea, milky fruity, dan latte. Masing-masing dari minuman tersebut disajikan dengan botol kaca dan diatasnya ditambahkan gulali yang menggelembung.
Strategi
lainnya yang menambah perkembangan Cotton Drops adalah peran media
sosial Instagram. Melalui media sosial, Cotton Drops semakin dikenal,
bahkan pembukaan outlet keduanya pun tidak lepas dari peran media sosial. Dengan meluncurkan digital campaign
bertajuk #CeritaKecilku, membuat pengguna Instagram bisa berbagi
nostalgia masa kecil dan mendapatkan hadiah. Hal ini jadi strategi yang
menarik karena keunikan Cotton Drops salah satunya adalah gulali
diatasnya yang merupakan jajanan masa kecil. Co-Co World Ice Blend
Co-co
World Ice Blend berdiri sejak tahun 2013 hingga saat ini. Minuman ini
menjadi salah satu produk andalan dari CV Mandiri Pangan yang menjalin
kemitraan waralaba untuk membantu pihak yang ingin bergabung. Saat ini
sudah tercatat 106 outlet Co-co World Ice Blend yang tersebar di Indonesia.
Minuman waralaba franchise
ini hadir dengan berbagai variasi rasa, mulai dari rasa favorit coklat,
kopi, dan buah-buahan. Beragam rasa yang ditawarkan juga sudah diriset
dan diseleksi sesuai dengan selera masyarakat Indonesia. Untuk rasa
Co-co World Ice Blend sendiri terdiri dari sembilan variasi rasa, yaitu Black Phantom , Choco Dale , Cola Lemon, Darck Cino, Double Cho, Funky Purple, Manggo Blast, Pepermint, dan White Rabbit.
Untuk bergabung, pihak Co-co World Ice Blend juga menyediakan booth atau gerobak yang diberikan ke pada semua mitra mereka. Booth
sengaja dirancang dengan teliti dan menarik sehingga cocok digunakan di
dalam atau luar ruangan. Tidak hanya menjanjikan keuntungan, Co-co
World Ice Blend juga mendukung strategi penjualan dan menunjang dengan
bahan baku yang telah di siapkan secara higienis dan profesional.
Mimicucu
Lokasi
yang tidak jauh dari Jakarta atau tepatnya di Kota Bogor, terdapat
kedai yang menawarkan sensasi minum susu dengan cara lain, yaitu
langsung dari dot susu. Kedai Mimi Cucu adalah kedai yang membawa kita
bernostalgia dengan minum susu menggunakan dot bayi.
Pemilik Kedai
Mimi Cucu menjelaskan, kalau sebelumnya Mimi Cucu sudah pernah
beroperasi di lokasi yang berbeda. Namun, karena alasan perizinan, kedai
Mimi Cucu berhenti beroperasi dan dibuka kembali di Jalan Lodaya Bogor.
Uniknya,
Kedai Mimi Cucu beroperasi dengan sistem ‘sumbang menu’, yaitu pemilik
Kedai Mimi Cucu mengajak teman-temannya untuk bergabung di Kedai Mimi
Cucu dengan menyumbangkan menu yang variatif. Dengan mengusung konsep
kedai sederhana, pemilik memiliki harapan dengan ini pengunjung tidak
takut untuk mengunjungi Kedai Mimi Cucu karena alasan harga yang mahal.
Kedai Mimi Cucu sendiri menjadi lebih bersahabat dengan kalangan pelajar
dan mahasiswa yang ada di Bogor.
Untuk menggaet para
pelanggannya, Bayu bersama istrinya pun mencoba terobosan baru dengan
cara mengeluarkan permainan khusus untuk ponsel Android yang diberi nama
Petualangan Mimicucu. Ninotchka
Ninotchka adalah kafe yang didirikan oleh seorang fashion blogger,
Sonia Eryka, bersama keluarganya. Kafe mungil ini memiliki daya tarik
sendiri bahkan sudah terdengar hingga ke luar Jakarta. Kopi dengan 3D latte art-nya merupakan minuman andalan di kafe ini.
Tidak
cuma menawarkan minuman unik, dekorasi yang unik mulai dari pintu
masuk hingga ke bagian dalam kafe. Pernak-pernik yang tidak biasa,
menggabungkan mode dan kuliner dengan apik. Nuansa oldies terasa dari pemilihan pernak-pernik yang canti . Nama Ninotchka sendiri diambil dari judul film Amerika pada tahun 1939.
Kafe
yang terletak di Sixth Avenue, Cengkareng, ini memiliki harga makanan
dan minuman yang sangat terjangkau, mulai dari Rp 6.000-Rp 38.000 saja.
Strategi lain untuk menarik pelanggan adalah Ninotchka menyediakan
sejumlah permainan seperti kartu, UNO, catur, rubik, dan
lain-lain.
Cokelat Kocok ~ Bisnis Minuman Cokelat Yang Sukses Menembus Ketatnya Persaingan Pasar
Bisnis
minuman memang selalu mengundang antusiasme yang tak pernah padam.
Bagaimana tidak, keuntungan yang lumayan besar dari usaha suguhan
pelepas dahaga ini membuat banyak orang mengincar peluang di sini.
Indonesia dengan status negara tropis yang selalu mendapat terik sinar
matahari di sepanjang tahunnya, memang akan seringkali membuat dahaga.
Maka di sinilah potensi bisnis minuman itu muncul.
Besarnya
potensi inilah yang juga mendorong Didik Dika Prasetya (Dika) untuk
terjun ke bisnis sajian pelepas dahaga dengan membawa brand Cokelat
Kocok. Meskipun pemain di sektor ini bisa dibilang sudah menjamur, namun
hal ini tak menyurutkan semangat Dika untuk membuka Cokelat Kocok.
Usaha yang dimulai Dika pada akhir tahun 2011 ini kini telah sukses
dengan omzet yang mencapai 25-60 juta perbulan.
Lalu seperti apakah bisnis Cokelat Kocok yang dijalankan pria kelahiran Bandung ini? Berikut ulasannya.
Inspirasi
Dika untuk membuka Cokelat Kocok diawali dari hobi atau kesukaannya
pada minuman kopi. Dari hobinya ini, Dika kemudian jatuh hati pada
minuman serba coklat. Karena kecintaannya pada dunia minuman dan cokelat
inilah yang membuat Dika tak mengalami kesulitan untuk mewujudkan ide
bisnis yang ia miliki.
Dengan motivasi
utama untuk menjadikan produk minuman coklat dengan harga yang bisa
dijangkau semua kalangan masyarakat, pengusaha muda asal Bandung ini
selalu bersemangat menjalankan Cokelat Kocok.
Awal Usaha, Produk dan Rintangan yang Dihadapi
Saat
mengawali bisnis Cokelat Kocok pada akhir tahun 2011, Dika menggandeng
beberapa investor hingga mengumpulkan modal awal kurang lebih belasan
juta. Namun tidak hanya modal uang, Dika juga melengkapi usaha awalnya
itu dengan skill, ilmu, pengalaman dan materi tentang minuman.
Produk
Cokelat Kocok sendiri menawarkan delapan varian rasa, antara lain choco
original, choco creamy, choco oreo, choco cappucino, choco caramel,
white choco, coko monster, double chocolate. Pilihan topingnya pun
mempunyai ragam pilihan seperti choco chip, rainbow chip, cheese,
meises, waffer stick, kress, almond, fruit, orange, banana, mango, dan
grape.
Saat mengawali usahanya ini, Dika mendapatkan tantangan dan
rintangan terbesarnya pada kondisi mental dari dalam dirinya. Ya, meski
telah memiliki kecintaan dan pengalamannya di bidang minuman, Dika saat
itu masih sempat mengalami keraguan untuk memulai usaha.
Strategi Pemasaran
Untuk memasarkan produknya, Dika mengandalkan pemasaran via iklan dan promo berkala di media sosial untuk
membidik segmen pasar yang lebih luas. Dengan slogan utamanya “The Real
Chocolate Shake N Blend” sekarang ini Dika juga seringkali
berpartisipasi di event-event besar atau bazar sehingga produknya bisa
dikenal oleh semua orang.
Dari strategi pemasaran ini, Cokelat
Kocok telah tumbuh dan merambah beberapa kota besar di Pulau Jawa dan
luar Jawa. Selain pemasaran yang sukses, Dika juga telah mampu
mempekerjakan 7 orang karyawan tetap dan beberapa pekerja freelance atau
tenaga bantuan.
Jalin Kemitraan
Seiring
perkembangannya, Dika kemudian membuka kemitraan Cokelat Kocok pada
tahun 2012. Saat dimulainya pembukaan kemitraan itu, hingga saat ini
Cokelat Kocok telah memiliki 20 mitra yang tersebar di Bandung, Jakarta,
Surabaya, Malang, dan Tangerang.
Dalam kemitraan tersebut,
Cokelat Kocok menawarkan tiga pilihan paket paket investasi, yaitu paket
costumize tanpa booth senilai Rp 1,5 juta, paket A Rp 4 juta dengan
booth kecil serta paket B senilai Rp 4,5 juta dengan booth besar.
Untuk
kemitraan paket A dan B akan mendapatkan fasilitas lain seperti cool
box untuk penyimpan es batu, alat shaker, dispenser, blender, sikat
botol, gelas plastik pengukur air, x-banner, toples toping, stok coklat
kocok 100 sachet, 100 gelas plastik, seragam karyawan, SOP, dan daftar
menu. Sedangkan untuk paket costumize, fasilitas yang diperoleh lebih
sedikit yaitu dispenser, 60 sachet cokelat, 1 buah alat shaker, 60 gelas
plastik dan cup, x-banner, dan banner promosi.
Dalam
kemitraan ini, mitra bisa mendapatkan omzet Rp 8 juta per bulan, dengan
asumsi minimal penjualan mencapai 60 cup sehari. Harga jual Cokelat
Kocok sendiri adalah Rp 6.000 per cup. Target laba bersih yang muncul
dari analisis perhitungan yang bisa didapat mitra yakni antara Rp 2
sampai 3 juta perbulan. Dan bila target itu terpenuhi, mitra bisa balik
modal dalam dua sampai tiga bulan.
Dalam kerjasama ini, pihak
pusat tidak memungut biaya royalti fee maupun franchise fee. Mitra
hanya diwajibkan membeli bahan baku dari pusat yang terdiri dari serbuk
sachet cokelat dan gelas plastik dengan cap Cokelat Kocok. Untuk toping
sendiri, mitra dibebaskan membelinya dari luar.
Peluang Usaha Susu Murni dan Analisa Usahanya Toko Mesin Maksindo
Kandungan
gizi yang ada pada segelas susu murni ini bisa menyehatkan tubuh
manusia, selain menguntungkan bila dikonsumsi setiap hari. Susu murni
ini juga dapat menguntungkan bagi pelaku usahanya. Susu murni ini
berasal dari hewan sapi ini menjadi minuman yang menyehatkan dan banyak
disukai oleh berbagai kalangan. Hal ini pun menjadikan usaha dari susu
sapi murni ini bisa mendatangkan keuntungan yang cukup memuaskan bila
dijalankan. Peluang yang ada untuk usaha susu murni ini masih terbuka
lebar untuk siapa saja yang ingin menjalankannya.
Info Usaha Susu Murni
Usaha
ini bisa dijalan dengan membuat suatu kedai minuman dengan susu murni
sebagai menu utama. Untuk menjalankan usaha ini, maka Anda bisa
mempersiapkan beberapa hal sebagai berikut :
Cari suplier untuk susu murni yang berkualitas. Anda bisa
mendapatkan susu sapi segar berkualitas ini dengan cara menjalin
kerjasama dengan para peternak sapi perah yang berada disekitaran lokasi
usaha. Sehingga Anda bisa memperoleh stok susu sapi murni yang memiliki
kualitas yang terjamin.
Siapkan lokasi usaha yang cukup strategis. Seperti, membangun usaha
susu murni ini di kawasan sekolahan, kampus, pusat perbelanjaan dan
berbagai tempat yang banyak dilalui orang.
Siapkan peralatan yang dibutuhkandalam proses pembuatan susu murni
atau pun peralatan yang mampu menunjang tampilan dari kedai susu murni
seperti display, furniture. Beberapa peralatan yang dibutuhkan tersebut
adalah kompor, panci, peralatan memasak, termos tahan panas, meja kursi
untuk konsumen.
Cipatakan aneka jenis varian rasa susu agar para konsumen menjadi
berminat. Pilihan rasa yang cukup digemari oleh masyarakat diataranya
adalah susu coklat, fruit milk rasa starwberry, jeruk, melon, mangga dan
lainnya, cookies milk yang diberi toping berupa remukan biskuit, es
susu blender atau biasa disebut milkshake dan ice bland.
Konsumen Susu Murni
Target pasar dari
usaha susu murni ini sangat luas, karena susu murni ini sangat aman
diminum untuk aneka kalangan usia sehingga siapa saja bisa meminum susu
murni sehingga targer pasar menjadi lebih luas.
Contoh Resep dari Susu Murni
Ini dia resep dari susu murni yang bisa dicoba yaitu “Banana Milkshake”
Bahan :
500 cc susu murni dingin
25 cc simple sirup (gula dan air 1: 2 rebus sampai gula larut)
2 buah pisang ambon
100 gr whipped cream kocok
Cara Membuat :
Potong – potong pisang ambon.
Campur susu murni dengan simple syrup dengan ¾ potongan pisang ambon.
Blender sampai tercampur merata, kira – kira 3 menit.
Siapkan gelas tinggi, taruh sisa potongan pisang pada dasar gelas, tutupi dengan whipped cream.
Tuang campuran pisang, simple syrup dan susu murni yang sudah
diblender pada gelas tadi, jangan sampai penuh. Tutup dengan whipped
cream kocok kemudian beri hiasan berupa potongan pisang.
Sajikan dalam keadaan dingin.
Sebagai garnish dapat menggunakan taburan coklat bubuk atau pisang yang dicincang dengan halus dan sebagainya.
Beri tambahan es batu pada saat memblender supaya minuman terasa dingin dan lebih enak.
Anda bisa mengganti simple syrup dengan menggunakan madu serta susu yang low fat.
Kelebihan Usaha Susu Murni
Susu murni
memiliki kandungan kalsium, protein, fosfor dan vitamin yang sangat
bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Apabila mengkonsumsi susu murni dalam
setiap harinya pun mampu mengurangi resiko penyakit alergi dan asma.
Beberapa manfaat ini pun juga bisa membawan manfaat untuk para pengusaha
susu murni, dengan kandungan gizi yang tinggi yang ditawarkan maka
masyarakat pun menjadi tertarik, hal ini bisa membuat penikmat susu
murni menjadi lebih banyak lagi.
Dalam membuat usaha kedai susu
murni ini juga tidak membutuhkan modal yang besar sehingga usaha ini
bisa menyesuaikan dengan modal yang dimiliki. Apabila memiliki modal
yang kecil maka bisa membuka usaha ini depan minimarket yang berada
disekitar tempat tinggal. Sedangkan bila Anda memiliki modal yang besar
maka dapat mendirikan usaha susu murni ini dengan membuka cafe atau pun
restoran susu murni.
Kekurangan Usaha Susu Murni
Dalam
menjalankan suatu usaha tentu selalu ada resiko, begitu juga dengan
usaha susu murni ini. Kondisi dari susu murni ini sangat mudah sekali
untuk basi, hal inilah yang bisa menjadi kendala yang cukup membuat
pengusaha susu kerepotan. Jadi perlu pandai – pandai dalam
memperhitungkan atau mengatur persediaan susu sapi segar serta menyimpan
dengan cara yang benar. Hal lainnya yang bisa menjadi resiko adalah
adanya persaingan pasar pada usaha kedai susu murni ini yang saat ini
mengalami meningkatan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya para pelaku
usaha yang menjalankan usaha susu murni ini. Oleh karena itu agar tidak
kehilangan para konsumen maka berikanlah produk sus murni yang berbeda
dari yang lainnya supaya Anda masih bisa bertahan pada persaingan pasar
yang ada.
Strategi Pemasaran
Agar bisa
mendukung pemasaran usaha yang Anda jalankan, maka bisa dilakukan dengan
cara memasang neon box atau spanduk yang berukuran cukup besar pada
lokasi kedai susu yang Anda buat. Anda bisa menampilkan nama usaha yang
membuat para konsumen tertarik, lengkapi juga dengan gambar menu minuman
susu segar yang Anda jual. Cara itu cukup efektif untuk menarik minat
masyarakat serta membuat para konsumen baru mengetahui tempat Anda.
Untuk
mendukung usaha menjadi lebih lancar maka Anda harus memberikan
pelayanan yang baik untuk para konsumen. Buatlah suasana dari kedai yang
Anda buat ini dengan nyaman, dengan saran serta prasarana yang memadai
dan sediakan juga menu – menu yang enak dan unik sehingga bisa menarik
minat pembeli. Dengan cara tersebut pasti konsumen akan merasa senang
berkunjung ke kedai Anda serta tidak akan lupa kembali lagi serta
merekomendasikan tempat Anda kepada teman – teman atau kerabatnya.
Apabila hal tersebut sudah anda lakukan maka hal lainnya adalah
memperluas jaringan yang telah ada.
Analisa Usaha Susu Murni
Modal Awal
Nilai (Rp)
Sewa tempat
Peralatan masak (panci, kompor, kulkas, dll)
Peralatn makan (piring, gelas, sendok dll)
Meja kursi kayu
15.500.000
4.000.000
900.000
3.000.000
Total Modal Awal
Rp. 23.400.000
Penyusutan Alat :
Peralatan masak 1/48 bulan x Rp. 4.000.000
Peralatan makan 1/24 bulan x Rp. 900.000
Meja kursi 1/60 bulan x Rp. 3.000.000
83.333
37.500
50.000
Total Biaya Penyusutan
Rp. 170.833
Biaya Operasional per Bulan
Susu murni 20 L x @Rp. 4.500 / ltr x 26 hr
Gula, buah, sirup, cookies, coklat bubuk
Kemasan gela plastik, sedotan dll
Gas 3 kg @Rp. 17.000 x 8 tabung
Gaji karyawan 2 orang @Rp. 750.000
Biaya telepon dan listrik
Biaya promosi
Biaya transportasi
Biaya penyusutan
Pendapatan per Bulan
Harga jual susu murni Rp. 5.000 / gelas
Pendapatan : 75 gelas x @Rp. 5.000 x 26 hari Laba Bersih pe Bulan
Rp. 9.750.000 – Rp. 7.246.833 = Rp. 2.503.167
9.750.000
Kunci Sukses Usaha Susu Murni
Pilihlah
lokasi usaha yang strategis serta memiliki kemampuan khusus dalam
membuat aneka jenis varian rasa susu yang ditawarkan. Semakin banyak
menu dari susu murni yang Anda buat maka kelengkapan untuk menu susu
murni ini semakin innovatif, peluang yang akan Anda dapatkan nantinya
juga akan menjadi lebih banyak untuk menarik minat pelanggan. Apabila
para konsumen merasa puas maka keuntungan yang didapat semakin besar.
Untuk
menjual susu murni ini bisa juga dengan mengemas secara rapi untuk para
konsumen yang ingin membawa pulang. Agar proses pengemasan susu murni
ini menjadi lebih mudah maka bisa menggunakan mesin cup sealer,
mesin cup sealer ini akan membantu proses pengemasan minuman dengan
menggunakan gelas cup. Apabila Anda menginginkan mesin cup sealer ini
bisa dengan mudah mendapatkannya di Toko Mesin Maksindo. Silahkan datang
ke showroom Maksindo yang telah ada di beberapa kota besar di
Indonesia, Anda bisa memilih aneka jenis cup sealer sesuai dengan
kebutuhan dengan harga yang ditawarkan cukup terjangkau. Nah,
demikianlah ulasan tentang peluang usaha susu murni serta analisa
usahanya yang bisa dijalankan untuk menambah pendapatan.
0 komentar:
Posting Komentar